7 Aplikasi Untuk Scan di Android, Tidak Usah Repot Cari Scanner Lagi!

Seberapa sering Anda melakukan scan dokumen? Kebutuhan untuk scan dokumen bisa dibilang tidak terlepas dari kegiatan sehari-hari para pegawai kantoran ataupun mahasiswa. Sering kali orang juga mengeluhkan tentang besarnya biaya scan yang tidak sedikit, terlebih jika Anda scan dokumen dalam jumlah banyak.

Seiring dengan perkembangan teknologi, untuk scan dokumen pun tidak harus selalu menggunakan scanner, lho! Saat ini banyak aplikasi smartphone yang siap membantu Anda untuk melakukan scan dokumen di mana dan kapan saja tanpa mengeluarkan biaya sama sekali.

Lalu apa saja aplikasi yang bisa digunakan untuk scan dokumen? Nah berikut adalah aplikasi untuk scan di Android yang bisa Anda unduh sewaktu-waktu:

Genius Scan – PDF Scanner

Genius Scan adalah salah satu aplikasi scan di Android terbaik yang sudah diunduh lebih dari 20 juta kali di dunia dan digunakan sekitar 1,000 usaha berkembang. Scan dokumen melalui Genius Scan pun mudah karena Anda hanya perlu meletakkan dokumen tepat di depan kamera lalu aplikasi ini akan mengubahnya menjadi hasil scan.

Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa mengubah background-nya sehingga hasil scan pun akan terlihat lebih jelas dan bersih. Ada beberapa filter scan yang ditawarkan, yaitu hitam putih, putih, ataupun berwarna yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Selain scan dokumen, melalui Genius Scan Anda juga bisa menggabungkan ataupun memisahkan dokumen sehingga ukuran dokumen tidak terlalu besar dan mudah dicetak. Genius Scan juga menawarkan fitur keamanan berupa fingerprint locking dan PDF password sehingga tidak ada yang bisa mengakses dokumen tanpa seizin Anda.

Untuk bisa mengakses semua fitur dari Genius Scan, Anda perlu membayar sekitar Rp.45 ribu tiap bulannya atau sekitar Rp.450 ribu untuk biaya langganan tahunan. Genius Scan bisa Anda unduh kapan saja di sini.  

Tiny Scanner

Aplikasi satu ini bukan hanya membantu Anda untuk scan dokumen, namun juga berbagai hal lainnya seperti foto, nota, dan masih banyak lagi. Hasil scan pun bisa disimpan kapan saja dengan mudah ke Evernote, Google Drive, maupun One Drive.

Tiny Scanner juga menawarkan berbagai filter scan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, baik filter hitam putih, abu-abu, ataupun sesuai warna benda tersebut. Selain itu, adanya fitur keamanan membuat dokumen Anda tidak bisa diakses oleh siapapun tanpa seijin pemiliknya.

Fitur premium dari Tiny Scanner bisa Anda dapatkan dengan membayar sekitar Rp.75 ribu. Tiny Scanner bisa Anda unduh kapan saja di sini.

Adobe Scan

Melalui Adobe Scan, Anda bisa scan berbagai hal, baik dokumen, nota, maupun buku hanya dalam hitungan detik. Hasil scan dokumen pun bisa disimpan di aplikasi ataupun ke Google Drive agar bisa diakses kapan saja.

Tentu saja Adobe Scan menawarkan berbagai fitur lainnya yang menarik, seperti fitur “Cleanup”, di mana Anda bisa menghapus noda ataupun kotoran dari dokumen yang baru saja di scan. Anda pun bisa memilih sendiri tipe dokumennya, baik disimpan menjadi PDF ataupun format lainnya yang mudah diakses melalui perangkat lainnya.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa mengubah warna background dokumen yang di-scan sehingga hasilnya terlihat lebih profesional. Menariknya lagi, Anda bisa mengakses semua fitur dari Adobe Scan secara gratis, lho!

Adobe Scan bisa diunduh kapan saja di sini.

ScanPro App – PDF Document Scanner

ScanPro adalah aplikasi yang memang dirancang khusus untuk scan dokumen serta QR Codes, sehingga tidak mengherankan jika hasilnya memuaskan. Anda bisa mengirimkan hasil scan kapan saja melalui email atau fax sehingga pekerjaan pun lebih cepat selesai.

Scan dokumen melalui ScanPro terbilang mudah karena Anda hanya perlu mengarahkan kamera pada dokumen yang diinginkan. Setelahnya, Anda bisa memilih berbagai jenis filter sesuai kebutuhan serta memotong hasilnya agar scan terlihat lebih jelas.

ScanPro menawarkan banyak fitur gratis seperti hasil scan berbentuk PDF atau JPG dengan resolusi yang bagus, scan berbagai QR codes baik berupa kontak, link internet ataupun nomor telepon, berbagai desain scan yang menarik, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menggunakan fitur ScanPro Premium dengan membayar sekitar Rp.300 ribu tiap tahunnya.

Anda bisa mengunduh ScanPro kapan saja di sini

Clear Scan: Free Document Scanner App, PDF Scanning

Clear Scan adalah aplikasi scan tercepat yang siap membantu Anda untuk scan berbagai jenis dokumen ataupun benda, baik gambar, nota, buku, majalah, memo, dan masih banyak lagi. Anda pun bisa memilih sendiri format dari hasil scan, baik berupa PDF ataupun JPEG.

Selain proses scanning yang cepat, Clear Scan juga menawarkan berbagai filter baik yang berwarna ataupun hitam putih dan bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Anda pun bisa mengedit hasil scan dengan menghapus maupun menambah objek tertentu hanya dengan sekali klik.

Bukan hanya itu, hasil scan pun bisa Anda simpan langsung ke DropBox maupun Google Drive sehingga lebih aman dan bisa diakses kapan saja. Bisa juga Anda mencetak dokumen melalui Cloud Print sehingga proses mencetak pun tidak kalah cepat.

Menariknya lagi, ukuran Clear Scan ini tergolong kecil sehingga tidak akan memenuhi memori smartphone kesayangan. Anda bisa mengunduh Clear Scan kapan saja di sini.

Microsoft Office Lens – PDF Scanner

Berbeda dengan aplikasi scan untuk Android sebelumnya, Microsoft Office Lens adalah aplikasi scan yang dirancang khusus untuk para pegawai kantoran, di mana Anda bisa scan tulisan yang ada di whiteboard hanya dengan sekali klik. Anda pun bisa membagikan hasil scan tersebut kapan saja melalui One Note dan mendiskusikannya kembali bersama rekan kerja.

Selain itu, aplikasi ini juga siap membantu Anda untuk scan berbagai kartu nama dan Anda bisa menambahkannya di kontak untuk memudahkan komunikasi. Menariknya lagi, Anda bisa memanfaatkan fitur scanning ini baik secara online maupun offline!

Semua fitur yang ditawarkan Microsoft Office Lense pun bisa diakses secara gratis sehingga Anda bisa lebih menghemat pengeluaran. Anda bisa mengunduh Microsoft Office Lense kapan saja di sini. 

Doc Scanner – PDF Creator

Satu lagi aplikasi scan di Android yang tidak boleh dilupakan adalah Doc Scanner. Banyak orang memilih aplikasi ini karena kualitas dokumennya yang jauh lebih jelas daripada aplikasi scan lainnya. Anda pun bisa memilih hasil dari scan-nya, baik hanya hitam putih maupun berwarna.

Selain bisa memilih filter, Anda juga bisa memotong dokumen ataupun menghapus noda dokumen yang tidak diinginkan sehingga hasil scan pun terlihat lebih jelas dan bersih. Anda bisa menyimpan hasil scan dalam bentuk PDF ataupun JPEG sesuai kebutuhan.

Bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk scan dokumen, Doc Scanner juga bisa scan serta membuat QR Code sendiri, lho! Tidak heran jika banyak orang memilih aplikasi ini karena fiturnya yang canggih dan Anda bisa mendapatkan semua aksesnya dengan membayar sekitar Rp.150 ribu tiap bulannya. 

Doc Scanner bisa Anda unduh di sini.

Pastinya sudah tidak bingung lagi mau scan dokumen setelah baca review barusan, bukan? Yuk segera unduh aplikasi scan di Android terbaik barusan yang siap membantu Anda untuk scan dokumen kapan saja!