Aplikasi Membuat Polaroid di Android

Image by Bruno /Germany from Pixabay

Foto adalah benda mati yang bisa membawa cerita. Gerakannya tetap, namun ceritanya terus berjalan sepanjang waktu. Di era lampau, foto memang tidak semudah saat ini untuk didapatkan. Salah satu teknologi masa lalu untuk mengabadikan foto yaitu dengan menggunakan polaroid.

Polaroid dapat memberikan hasil foto Anda secara langsung saat itu juga tanpa perlu cuci cetak foto yang terlalu lama. Sehingga, banyak orang yang menggemari teknologi ini. Memang hasil foto baik atau buruk akan tetap diterima.

Akhir-akhir ini, tren masa lalu ini kembali digemari oleh masyarakat. Meski tak lagi menggunakan teknologi polaroid yang ada, untuk membuat foto polaroid kini bisa dengan berbagai aplikasi yang bisa diinstall di smartphone android Anda. Berikut ini beberapa aplikasi untuk membuat polaroid di android yang bisa Anda gunakan di smartphone Anda.

InstaLab

InstaLab adalah aplikasi edit foto polaroid yang pertama. InstaLab bisa membawa nostalgia dengan mudah dan cepat untuk Anda. Bahkan aplikasi ini bisa diakses dengan gratis, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk memperoleh kembali kenangan masa lalu.

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam resolusi foto dengan penyesuaian frame yang pas. Tak lupa, Anda juga bisa menambahkan teks pada polaroid yang dihasilkan. Bosan dengan gaya yang biasa-biasa saja, Anda bisa memodifikasi frame yang tersedia.

Selanjutnya ada sudah bisa menyimpan dan mengunggah foto polaroid buatan Anda sendiri di berbagai jejaring sosial. Atau juga Anda bisa mencetaknya secara langsung. [Download InstaLab]

PolyCam

PolyCam adalah aplikasi yang bisa membantu Anda untuk membuat polaroid. Terdapat lebih dari 25 filter vintage yang bisa Anda gunakan untuk membuat polaroid terasa semakin alami. Anda juga bisa menggunakan filter lain yang lebih sesuai untuk foto Anda.

Bila bingkai yang Anda pilih tidak sesuai, tersedia berbagai macam pilihan bingkai lain yang bisa Anda gunakan. PlyCam menyediakan Anda fasilitas untuk berkreasi denga foto polaroid yang Anda buat serta tersedia berbagai fitur untuk mengatur keseimbangan cahaya, kecerahan kontras dan fitur-fitur lainnya yang bisa Anda gunakan. [Download PolyCam]

StoryLab

StoryLab adalah aplikasi yang sangat cocok untuk membuat berbagai macam polaroid. Tersedia lebih dari 200 macam perubahan yang bisa Anda terapkan untuk polaroid Anda. Terdapat berbagai macam filter, bingkai dan pengaturan yang bisa Anda terapkan di polaroid Anda.

StoryLab merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk membuat Instagram Story di akun Anda. Aplikasi ini juga mendukung untuk video. Sehingga Anda juga bisa mengubah video seolah-olah dalam bingkai polaroid. [Download StoryLab]

Lomo Cam

Lomo Cam adalah aplikasi selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk buat polaroid. Aplikasi ini memiliki lebih dari 25 filter retro yang akan membuat foto Anda indah. Gunakan berbagai macam efek foto seperti efek debu, batu bara, bahkan efek api.

Tambahkan bingkai unik ke foto Anda. Anda dapat memilih warna bingkai, bentuk dan tekstur. Anda dapat membuat foto yang sempurna. Ambil foto waktu indah Anda untuk mendapatkan nostalgia dari melihatnya. Anda akan merasakan efek kuat foto.

Foto Anda akan terlihat vintage. Desain aplikasi ini intuitif. Buat seluruh galeri foto. Jika Anda seorang fotografer pemula, aplikasi ini akan membantu Anda meningkatkan keterampilan Anda. Dengan aplikasi ini Anda bisa mendapatkan inspirasi setiap hari. Bagikan perasaan Anda melalui foto. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 ribu kali. [Download Lomo Cam]

Journi Print

Aplikasi Journi Print dapat memudahlkan Anda untuk menambahkan bingkai ke foto Anda. Anda bisamendesain berbagai macam foto polaroid dengan menggunakan cara yang mudah, kreatif, dengan sentuhan artistic. Anda bisa membuat karya orisinil milik Anda sendiri.

Yang perlu Anda lakukan adalah mencetak teks dan memilih salah satu opsi penyelarasan. Kemudian Anda dapat mengatur transparansi, warna, dan font. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur Double Exposure yang tidak biasa. Fitur ini dapat digunakan untuk menggabungkan dua bidikan dengan menerapkan mode pencampuran yang berbeda. Anda dapat menyesuaikan transparansi untuk efek seperti ini.

Aplikasi Journi Print memiliki History yang lengkap. Anda dapat membukanya dengan mengklik tombol yang sesuai di bagian atas layar. Jika Anda telah membuat serangkaian perubahan berbeda pada foto Anda dan melupakan apa yang telah Anda lakukan, lihat “Riwayat”. Anda dapat kembali kapanpun untuk memulai proses editing lagi dengan proses yang hamper sama. Setelah Anda selesai mengerjakan foto di aplikasi Journi Print, cukup klik tombol “Selesai”. Ini memungkinkan Anda untuk menerapkan alat pengeditan akhir, seperti bingkai. [Download Journi Print]

InstaMini

InstaMini adalah aplikasi yang bisa Anda pakai untuk membuat polaroid. InstaMini ini sendiri bisa dibilang duplikasi dari polaroid yang sesungguhnya. Dengan menggunakan InstaMini ini foto yang Anda buat untuk polaroid tidak akan muncul hingga Anda menggoyang-goyangkan smartphone beberapa kali.

Tidak tersedia filter di dalam aplikasi InstaMini ini. Tampilan aplikasi InstaMini sangat menyerupai bentuk polaroid yang sesungguhnya sehingga Anda bisa merasakan menggunakan kamera asli hanya melalui satu aplikasi kecil ini. Bahkan saat Anda mengambil foto akan terdengar suara jepretan foto yang khas. Agak aneh memang, tetapi cukup keren untuk aplikasi kekinian yang cocok untuk merasakan pengalaman baru. [Download InstaMini]

NOMO

NOMO adalah versi mobile dari kamera pencetakan instan Instax Mini yang sangat populer. Anda dapat mengambil gambar langsung di aplikasi atau memilih gambar dari galeri. Cara yang sangat unik untuk membentuk polaroid dengan NOMO yaitu Anda harus mengoyangkan ponsel selama 90 detik hingga foto benar-benar siap. Hal ini cukup mirip dengan polaroid di dunia yang sebenarnya.

Sedikit kekurangannya adalah polaroid mengembangkan mata Anda. NOMO memiliki dua keunggulan di antaranya yaitu gambar yang tampak alami, tanpa tanggal dan tatapan mengerikan. Aplikasi ini sangat sederhana dan merupakan mini emulator kamera yang sebenarnya. Aplikasi ini memiliki beberapa kamera dan jumlahnya terus diperbarui.

Aplikasi pada dasarnya dapat mengedit foto lama Anda, namun mengambil gambar melalui aplikasi akan memberi Anda hasil yang sedikit berbeda. Setiap kamera memiliki pencahayaan sendiri, white balance dan lain-lain. Hasil lebih menarik untuk memotret menggunakan aplikasi. [Download NOMO]

SNOW

SNOW adalah aplikasi yang sangat cocok untuk membuat foto polaroid yang kekinian. SNOW masih memiliki fitur yang mirip dengan beberapa aplikasi lainnya seperti tersedianya berbagai macam bingkai, filter dan tambahan fitur editing lainnya.

Hasil foto yang lebih baik bisa dengan menggunakan fitur kamera yang tersedia dalam aplikasi ini. Tak perlu waktu lama untuk memulai proses pengubahan foto polaroid. Anda bisa langsung mulai mengedit tanpa kesulitan berarti. Tampilan yang cukup sederhan bisa menambah kemudahan dalam pemakaian aplikasi SNOW ini. [Download SNOW]

Itulah tadi beberapa aplikasi di smartphone android yang bisa Anda gunakan untuk membuat polaroid dengan mudah. Buat cerita Anda sendiri dengan menggunakan polaroid seperti di masa lalu. Selamat mencoba! (AF)