Tanda Tangan Lebih Praktis dengan 6 Aplikasi Buat Tanda Tangan Ini

Kapan terakhir kali Anda menandatangani sebuah dokumen? Meskipun kelihatannya sepele, tanda tangan adalah salah satu hal penting dan bisa melanggar hukum, terlebih jika terkait dengan kepentingan bisnis. Memalsukan tanda tangan seseorang pun bisa berujung denda ratusan juta bahkan mendekam di bui, lho!

Pentingnya peran tanda tangan inilah yang membuat teknologi juga memudahkan proses ini. Saat ini banyak aplikasi buat tanda tangan yang bisa Anda unduh di smartphone sehingga proses penandatangan dokumen penting pun bisa selesai hanya dalam hitungan detik. Sungguh inovasi yang luar biasa di zaman serba canggih ini, bukan?

Nah berikut adalah rekomendasi aplikasi buat tanda tangan terbaik di Android yang bisa Anda coba: 

DocuSign – Upload & Sign Docs

DocuSign adalah aplikasi buat tanda tangan pertama yang bisa Anda andalkan kapan saja mengingat hampir semua fiturnya bisa diakses secara gratis.  Kualitas aplikasi yang sudah digunakan lebih dari 50 juta orang di dunia ini sudah tidak perlu diragukan lagi karena Anda bisa menandatangani ratusan dokumen dalam sebulan tanpa dikenakan biaya sama sekali.

Anda pun bisa menandatangani dokumen dari aplikasi lain, baik yang tersimpan di Google Drive, Evernote, ataupun yang memang sudah Anda simpan di smartphone. DocuSign juga akan memberitahu Anda berapa banyak dokumen yang sudah ditandatangani pada suatu waktu sehingga tidak akan ada dokumen yang terlewatkan.

Tentunya DocuSign sudah dilengkapi tingkat keamanan yang tinggi sehingga Anda tidak usah cemas jika akan ada pihak yang tidak bertanggungjawab dan menyalahgunakan data pribadi. Anda bisa membagikan hasil dokumen yang sudah ditandatangani dengan mudah melalui sosial media ataupun aplikasi chatting yang diinginkan.

Anda bisa mengunduh DocuSign kapan saja di sini. 

PDFelement – Free PDF Reader and Annotator

Meskipun punya embel-embel PDF reader, PDFelement adalah salah satu aplikasi buat tanda tangan terbaik yang memudahkan Anda untuk tanda tangan kapan saja secara gratis. PDF maupun dokumen yang sudah Anda tangani pun bisa dibagikan dalam hitungan detik melalui berbagai sosial media ataupun email sesuai kebutuhan Anda.

Tentunya masih banyak fitur menarik yang ditawarkan oleh PDFelement, misalnya saja Anda bisa menggunakan fitur highlight untuk menandai bagian PDF yang penting. Anda pun bisa mengedit beberapa bagian PDF dengan menambahkan text box ataupun menggabungkan beberapa PDF sekaligus.

Kabar baiknya lagi, semua fitur yang ditawarkan oleh PDFelement ini bisa Anda akses kapan saja secara gratis, lho! Anda bisa mengunduh PDFelement kapan saja di sini.

Digital Signature: E-Signature

Dari namanya saja sudah terbaca jika Digital Signature adalah salah satu aplikasi buat tanda tangan terbaik yang siap memudahkan Anda untuk menandatangani berbagai dokumen elektronik kapan saja. Digital Signature menawarkan dua pilihan untuk tanda tangan, yaitu manual serta auto.

Fitur Manual Signature cocok untuk Anda yang ingin mengubah tanda tangan sewaktu-waktu dan cocok digunakan untuk keperluan email dokumen lainnya. Sedangkan fitur Auto Signature cocok untuk Anda yang ingin menyimpan satu tanda tangan saja untuk berbagai keperluan sehingga Anda tidak perlu repot lagi tanda tangan satu persatu dokumen yang dibutuhkan. 

Selain itu, Anda tidak perlu meragukan keamanan aplikasi ini karena sudah dilengkapi dengan SSL sehingga orang lain tidak bisa mengakses aplikasi tanpa seijin pemiliknya. Kabar baiknya, hampir semua fitur yang ditawarkan Manual Signature adalah gratis sehingga Anda tidak perlu lagi memusingkan masalah biaya.

Anda bisa mengunduh Manual Signature kapan saja di sini.

Handwritten PDF e-signatures

Belum puas dengan aplikasi buat tanda tangan yang sudah disebutkan? Nah tandanya Anda harus coba Handwritten PDF e-signatures yang bisa diunduh secara gratis kapan saja tanpa syarat apapun! Fitur gratis ini juga tidak terikat dengan waktu sehingga Anda bisa menandatangani dokumen sebanyak apapun yang dibutuhkan.

Selain menandatangani dokumen yang tersimpan di smartphone, Handwritten memungkinkan Anda untuk menandatangani dokumen dari aplikasi lainnya baik dari Evernote, Google Drive, Dropbox, dan masih banyak lagi. Anda pun bisa memilih mau tanda tangan menggunakan tangan ataupun pensil melalui fitur Signply dan tanda tangan pun akan tersimpan secara otomatis yang bisa Anda gunakan kapan saja.

Keamanan Handwritten pun sudah terjamin karena diawasi langsung oleh badan legal yang berlokasi di Eropa sehingga Anda tidak perlu khawatir jika akan ada orang yang menyalahgunakan tanda tangan yang tersimpan di aplikasi. Menariknya lagi, Anda bisa mengedit tanda tangan kapan saja baik merubah ukurannya ataupun memutarbalikkan tanda tangan tersebut dan disesuaikan dengan dokumen. 

Anda bisa mengunduh Handwritten kapan saja di sini.

JetSign Signature App: Fill & Sign PDF Docs Now

Siapa bilang tanda tangan selalu membutuhkan kertas? Dengan bantuan JetSIgn, Anda bisa menandatangani dokumen secara digital kapan saja secara gratis! Bahkan anda bisa menambahkan tanggal serta nama terang sehingga membuat tanda tangan Anda terlihat makin valid.

Tentunya JetSign sudah dilengkapi dengan banyak fitur canggih seperti Anda bisa menandatangani suatu dokumen bersama teman dengan mengundangnya melalui email. Tanda tangan yang sudah Anda buat pun bisa digunakan pada berbagai jenis dokumen, baik dalam format Word, PDF, gambar, serta 15 dokumen lainnya yang dibutuhkan.

Tentunya Anda juga bisa membagikan dokumen yang sudah ditandatangani dengan mudah ke berbagai sosial media ataupun menyimpannya ke email, Google Docs, serta Dropbox agar bisa digunakan kapan saja. Keamanan JetSign pun sudah terpercaya sehingga tidak akan ada hacker yang menyalahgunakan tanda tangan Anda.

Untuk mengakses semua fitur JetSign, Anda perlu membayar sekitar Rp.75 ribu saja tiap bulannya kok. Anda bisa mengunduh JetSign kapan saja di sini.

Zoho Sign – Upload, Scan, and Sign Documents

Satu lagi aplikasi buat tanda tangan yang tidak boleh Anda lewatkan datang dari Zoho. Zoho secara otomatis sudah terhubung dengan Google Drive sehingga Anda bisa menggunakan tanda tangan yang sudah tersimpan di Zoho kapan saja, baik secara online maupun offline.  

Tentunya Zoho pun bisa menandatangani beragam jenis dokumen, baik dokumen dengan format PDF, word, maupun gambar. Anda juga bisa mengirimkan tanda tangan ke rekan kerja dengan fitur Send in Order yang bisa digunakan kapan saja secara gratis. 

Menariknya lagi, Zoho sudah dilengkapi dengan fitur Reminder sehingga tidak ada lagi dokumen yang lupa Anda tandatangani. Anda pun bisa mengubah format dari tanda tangan yang sudah tersimpan di aplikasi, baik dari ukuran maupun posisinya yang disesuaikan dengan bentuk dokumen.

Tentunya Anda juga bisa menggunakan fitur Preview untuk memastikan jika tanda tangan sudah benar-benar pas di dokumen yang dibutuhkan. Zoho juga memiliki fitur keamanan yang baik, di mana Anda bisa mengatur password berupa sidik jari maupun angka sehingga tidak ada yang mengakses aplikasi ini tanpa sepengetahuan Anda.

Zoho Sign bisa Anda unduh kapan saja secara gratis di sini.

Nah pastinya sudah tidak kesulitan lagi untuk tanda tangan setelah tahu rekomendasi aplikasi buat tanda tangan terbaik kan? So, tunggu apalagi untuk menandatangani dokumen kapan dan di mana saja dengan aplikasi barusan?