7 Aplikasi Untuk Edit Foto Kolase 

Membicarakan fotografi tidak pernah ada habisnya mengingat hobi ini bisa dilakukan oleh segala usia, baik orang dewasa hingga anak muda. Banyak orang yang tertarik dengan fotografi karena hobi satu ini bisa menghasilkan pundi-pundi yang cukup besar.

Fotografi bukan hanya tentang kualitas kamera yang digunakan, namun Anda juga perlu paham tentang mengedit foto. Menggabungkan beberapa foto sekaligus pun sekarang lebih mudah karena banyak aplikasi untuk edit foto kolase yang bisa dipasang di smartphone.

Nah berikut adalah rekomendasi aplikasi untuk edit foto kolase terbaik yang bisa Anda coba:

Snapseed

Snapseed adalah aplikasi untuk edit foto kolase besutan Google yang banyak dipilih masyarakat karena banyaknya fitur canggih yang ditawarkan. Hal ini benar adanya mengingat Snapseed menyediakan lebih dari 29 fitur yang memudahkan Anda untuk mengedit foto, termasuk untuk edit kolase foto.

Adanya fitur Tune Image memudahkan Anda untuk mengatur exposure dan warna foto sehingga warnanya terlihat lebih jelas dan menarik daripada sebelumnya. Anda juga bisa mengatur detail foto tersebut sehingga foto tidak pecah sama sekali ketika diunggah ke sosial media.

Selain itu, Anda juga bisa menghapus berbagai objek yang tidak diinginkan dari foto melalui fitur Healing. Bahkan ada juga fitur Expand sehingga ukuran foto lebih besar daripada sebelumnya dan Anda pun lebih bebas untuk menambahkan berbagai elemen foto seperti teks ataupun berbagai sticker lucu.

Menariknya lagi, Snapseed sudah dilengkapi dengan banyak filter yang membuat foto Anda terlihat semakin dramatis seperti efek vintage, retrolux, noir, black & white, dan masih banyak lagi. Snapseed menawarkan semua fiturnya ini secara gratis lho!

Anda bisa mengunduh Snapseed kapan saja secara gratis hanya di sini.

Afterlight 

Afterlight adalah salah satu aplikasi untuk edit foto kolase yang sudah dilengkapi dengan 15 fitur editing yang mampu membantu Anda untuk mengedit foto kapan saja. Selain itu, adanya 59 filter yang tersedia pun cocok untuk menggali kreativitas Anda secara maksimal.

Bukan hanya itu, Afterlight juga menawarkan lebih dari 77 frame sehingga Anda tidak perlu repot lagi membeli vingka di kemudian hari. Tentunya Afterlight sudah dilengkapi fitur Cropping untuk memudahkan Anda membuang objek foto yang tidak diinginkan.

Anda bisa mengunduh Afterlight kapan saja secara gratis hanya di sini.

VSCO: Photo and Video Editor

VCSO adalah aplikasi untuk edit foto kolase yang penggunanya sudah mencapai jutaan orang karena berbagai fiturnya yang mudah dipahami. Selain menyediakan beragam fitur editing, VSCO juga menyediakan lebih dari 200 filter yang bisa diakses oleh anggota premium VSCO. Berbeda halnya ketika Anda yang belum jadi anggota VSCO karena hanya bisa mengakses 10 filter foto secara gratis. 

Selain memudahkan Anda mengedit foto, VSCO juga menawarkan beragam fitur editing video yang juga bisa digunakan secara gratis. Misalnya saja Anda bisa menggunakan beberapa filter sekaligus dalam suatu video dengan menentukan letak dan durasinya sendiri. Ada pula fitur VSCO Montage, di mana Anda bisa menggabungkan berbagai video dengan gambar sehingga gabungan video tersebut jauh lebih unik daripada yang dihasilkan oleh aplikasi lain.

Menariknya lagi, Anda bisa bergabung dengan komunitas VSCO dan bisa belajar dari fotografer lainnya yang sudah berpengalaman bertahun-tahun maupun masih amatir. Anda bisa mengunduh VSCO secara gratis kapan saja hanya di sini.

Live Collage – Collage Maker & Photo Editor 

Dari namanya saja sudah kelihatan jika aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 100 juta kali ini siap memudahkan Anda untuk menggabungkan foto sebanyak yang dimau. Live Collage menawarkan ratusan background foto yang siap membuat kolase foto Anda semakin terlihat imut dan bisa dibagikan ke sosial media dan orang lain pun akan terkesima karenanya. 

Melalui Live Collage, Anda bisa menggabungkan 9 foto sekaligus serta menggunakan berbagai filter yang diinginkan tanpa membayar sepeser pun. Selain itu, Live Collage juga menyediakan ratusan sticker serta frame yang siap membuat foto terlihat jauh lebih menarik daripada sebelumnya.

Menariknya lagi, hasil editan foto pun sudah dalam resolusi HD sehingga tidak akan pecah ketika Anda mengunggahnya ke sosial media. Anda bisa mengunduh Live Collage kapan saja secara gratis hanya di sini.

Prisma Photo Editor

Prisma adalah aplikasi untuk edit foto kolase terpopuler yang penggunanya sampai sekarang sudah mencapai angka 120 juta orang. Salah satu daya tarik Prisma adalah adanya 300 filter foto yang bisa digunakan kapan saja secara gratis tanpa syarat apapun. Bahkan Prisma memperbarui filter fotonya setiap hari sehingga Anda bisa menyalurkan kreativitas dengan maksimal.

Selain itu, Prisma juga menyediakan fitur editing foto yang terbilang cukup lengkap, di mana Anda bisa mengatur tingkat kecerahan, kontras, maupun exposure untuk membuat foto terlihat lebih hidup. Bahkan Anda bisa bergabung dengan komunitas Prisma untuk berbagi maupun mendapatkan inspirasi dengan jutaan pengguna Prisma lainnya, lho!

Anda bisa mengunduh Prisma secara gratis kapan saja hanya di sini.

Foodie – Camera for Life

Belum puas dengan aplikasi untuk edit foto kolase yang disebutkan barusan? Tenang saja, masih ada Foodie yang siap membantu Anda untuk membuat foto kolase terbaik yang bisa didapatkan hanya dalam hitungan menit. Tentunya hal ini tidak terlepas dari banyaknya fitur editing yang bisa Anda gunakan kapan saja untuk mengedit foto yang diinginkan. 

Selain itu, Foodie juga menawarkan lebih dari 30 filter yang bisa diaplikasikan ke berbagai foto yang akan diedit. Filter inilah yang membuat foto tetap terlihat natural seperti tanpa proses editing sama sekali karena hasilnya yang halus.

Hasil foto yang sudah diedit melalui Foodie pun bisa Anda bagikan ke berbagai sosial media yang dimau dalam hitungan detik, baik ke Weibo, Instagram, LINE, Facebook, bahkan aplikasi editing lainnya seperti VSCO. Anda bisa mengunduh Foodie kapan saja secara gratis hanya di sini

Adobe Photoshop Express: Photo Editor Collage Maker

Satu lagi aplikasi untuk edit foto kolase terbaik yang tidak boleh dilewatkan datang dari Adobe. Aplikasi yang hanya bisa digunakan oleh anak berusia 13 tahun ke atas ini juga menyediakan beragam fitur editing foto termasuk kolase sehingga Anda bisa membuat foto menjadi lebih menarik dalam waktu singkat. 

Salah satu fitur andalan dari aplikasi ini adalah Perspective Correction, di mana Anda bisa melihat foto dari sudut pandang lainnya dan bisa tahu bagian foto mana yang harus diperbaiki sehingga terlihat lebih menarik. Ada pula fitur Apply Blur yang berfungsi untuk menonjolkan suatu bagian foto dan bagian lainnya sebagai background yang pastinya membuat foto terlihat lebih hidup daripada sebelumnya.

Selain itu, Adobe Photoshop Express ini juga menawarkan ratusan filter serta efek yang bisa Anda gunakan kapan saja saat menggabungkan beberapa foto. Anda juga bisa membagikan hasil foto yang sudah diedit ke berbagai sosial media yang diinginkan hanya dalam hitungan detik lho!

Anda bisa mengunduh Adobe Photoshop Express kapan saja secara gratis hanya di sini.

Pastinya sudah tidak bingung lagi menggabungkan foto setelah tahu aplikasi untuk edit foto kolase barusan? Yuk tingkatkan kemampuan editing Anda melalui smartphone kesayangan!