9 Aplikasi Pembuat Animasi di Android

Sumber: Tranmautritam @Pexels

Sebagai produk digital berupa gambar yang bergerak, animasi kian booming karena disukai banyak orang. Selain dapat menarik secara visual, animasi dapat menjadi media interaktif untuk penyampaian informasi. Dunia animasi pun terus berkembang menjadi berbagai jenis mulai dari tradisional, 2 dimensi, 3 dimensi, motion graphic, stop motion, dan lain sebagainya.

Berangkat dari adanya kebutuhan untuk menciptakan animasi, para pengembang aplikasi turut bersemangat untuk memenuhi keinginan pasar. Hal ini ditandai dengan kehadiran aplikasi untuk animasi yang dapat diunduh dengan mudah dan cepat lewat Android. Jenis animasi yang dihasilkan pun beragam sesuai tren beserta metode yang berbeda pula.

Berikut ini merupakan 9 aplikasi Android yang direkomendasikan untuk membuat animasi.

 

Toontastic 3D

Toontastic 3D (Sumber: Google Play Store)

Toontasic merupakan aplikasi pembuatan animasi dengan mengusung konsep asyik layaknya bermain. Kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi terbukti melalui fitur drawing tool 3D. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat karakter dari gambar ciptaan sendiri, membuat story atau narasi, serta merekam suara untuk menjadi suatu animasi utuh.

Berdasarkan fitur unggulannya, aplikasi ini tepat untuk pengguna yang ingin membuat animasi dengan banyak warna serta kebebasan pembuatan karakter. Anda yang membutuhkan variasi cerita untuk animasi khususnya tentang cerita pendek (short story), cerita klasik (classic story), dan cerita ilmiah (science report) juga akan diuntungkan karena terbantu oleh aplikasi.

Sebagai bukti atas kualitas fitur dan hasil animasi, aplikasi Toontastic 3D telah memperoleh berbagai pujian dari berbagai pihak, misalnya Common Sense Media. Aplikasi ini pun sering meraih penghargaan, seperti dari Parent’s Choice Gold Award, aplikasi anak terbaik pada BolognaRagazzi Digital Award 2017, dan masih banyak lagi.

[Download Toontastic 3D disini]

 

Stick Nodes: Stickman Animator

Stick Nodes (Sumber: Google Play Store)

Stick figure atau gambar orang maupun hewan dari komponen sedikit garis, lengkungan, dan titik menjadi tren belakangan ini karena simpel dan unik. Jika Anda berminat untuk membuat animasi untuk stick figure, maka aplikasi Stick Nodes akan tepat sebagai solusi.

Selain ukuran yang lebih kecil daripada aplikasi sejenis yakni hanya 26MB, aplikasi Stick Nodes menawarkan beragam fitur unggul. Beberapa di antaranya adalah tweening yaitu pergerakan objek ke titik lain secara smooth, penyediaan sound effect pengiring gerakan, serta kamera yang lincah untuk memperbesar (zoom) serta berpindah secara fleksibel.

[Download Stick Nodes disini]

 

Stop Motion Studio

Stop Motion Video (Sumber: Google Play Store)

Dari namanya, aplikasi ini berfokus pada pembuatan animasi stop motion atau hasil objek bergerak berdasarkan urutan frame. Aplikasi Stop Motion Studio terkenal dengan penggunaan yang mudah untuk berbagai mode salah satunya adalah overlay untuk menunjukkan perbedaan antar frame.

Untuk memanjakan pengguna, Stop Motion Studio memiliki animation guide dalam rangka penempatan objek secara fleksibel. Fitur ini merupakan panduan step-by-step untuk membuat animasi, misalnya jumlah ideal frame per detik serta bagaimana menempatkan kamera dalam posisi yang bagus. Jika Anda adalah seorang pemula dalam membuat animasi, aplikasi ini tergolong tepat dipilih.

[Download Stop Motion Studio disini]

 

FlipaClip – Cartoon Animation

FlipaClip (Sumber: Google Play Store)

FlipaClip merupakan aplikasi pembuat animasi dari kreasi gambar sendiri. Artinya, pengguna bebas menggambar dengan tools yang ada pada frame sebanyak mungkin yang diinginkan. Untuk menghidupkan animasi, aplikasi juga menyediakan berbagai pilihan audio pengiring.

Kelebihan FlipaClip terletak pada kebebasan menggambar dengan Pen dari Samsung S Pen serta SonarPen. Aplikasi juga memungkinkan penerapan teknik rotoscope atau menjiplak objek untuk pergerakan antar frame dengan mudah. Menariknya, aplikasi kerap menyelenggarakan challenge berhadiah untuk membuat animasi sehingga aplikasi tergolong cocok untuk Anda yang hobi menggambar manual dan menyukai tantangan.

[Download FlipaClip disini]

 

Animate free!

Animate free! (Sumber: Google Play Store)

Jika Anda ingin membuat animasi yang menonjolkan karakter secara unik, maka aplikasi Animate fee! akan tepat untuk dicoba. Aplikasi ini menyediakan sangat banyak karakter yang dapat dimodifikasi sekreatif mungkin, mulai dari latar belakang atau spot, lands, atau building di sekitarnya, hingga postur atau gerakan karakter.

Uniknya, aplikasi ini menyederhanakan penyuntingan karakter karena pengguna hanya perlu menyentuh dan memindah bagian tubuh karakter. Pose spesifik setiap karakter juga dapat disalin, ditempel, diulang, dan dicerminkan sesuai keinginan. Begitu pula untuk memperbesar dan menggeser tampilan dengan dua jari pun dapat dilakukan dengan mudah.

[Download Animate free! disini]

 

Anim8

Anim8 (Sumber: Google Play Store)

Anim8 merupakan aplikasi pembuatan karakter 3D pada latar 3D pula. Keunggulan yang membuat aplikasi ini banyak disukai adalah mampu membuat animasi full body dalam sekali waktu. Hal ini didukung oleh fitur onion skin untuk membantu merencanakan pose mana lebih baik beserta timing yang pas.

Untuk memudahkan pilihan gerakan, aplikasi menyediakan banyak fitur demo gerakan yang dapat dicoba dalam sekali klik. Bahkan aplikasi sangat cocok dipilih oleh guru karena terdapat lessons plan atau rencana belajar dengan rangkaian demo animasi untuk para murid.

[Download Anim8 disini]

 

Animation Desk – Make Your Animation and Cartoons

Animation Desk (Sumber: Google Play Store)

Kehadiran Animation Desk menjadi angin segar bagi Anda yang menikmati keindahan animasi tradisional. Hal ini karena Animation Desk memungkinkan pengguna untuk menggambar objek secara manual dengan jari. Proses menggambar akan ditunjang oleh lebih dari 45 jenis brush serta ratusan warna beserta palette untuk seleksi warna.

Keunggulan lain aplikasi terdapat pada fitur manajemen file dengan mode thumbnail serta adanya frame manager untuk mendekorasi frame. Bahkan aplikasi ini mampu mengimport foto dan video menjadi animasi serta membuat animasi menjadi bentuk banyak layer.

[Download Animation Desk disini]

 

StickDraw – Animation Maker

StickDraw (Sumber: Google Play Store)

Animasi 2 dimensi berupa objek yang digambar dengan sederhana atau lebih sedikit komponen garis tetap bisa menjadi animasi yang menarik. Hal ini dibuktikan oleh StickDraw yang telah diunduh lebih dari satu juta orang. Konsep yang diusung oleh aplikasi ini adalah animasi stick person yang dapat dibuat lebih cepat daripada animasi jenis lain.

Saat pertama kali melihat tampilan aplikasi, Anda akan disuguhkan dengan model layar yang sederhana sehingga dapat memahami aplikasi dengan mudah. Namun jangan salah, aplikasi ini tetap membolehkan pengguna untuk mengimpor foto sebagai latar belakang jika tidak ingin membuat sendiri. Dari segi ukuran, StickDraw tergolong sangat hemat memori karena hanya berukuran kurang dari 5MB.

[Download StickDraw disini]

 

PicsArt Animator: GIF & Video

PicsArt Animator (Sumber: Google Play Store)

Jika Anda tertarik dengan animasi berkonsep lucu, Anda harus mencoba PicsArt Animator. Bagaimana tidak, aplikasi ini memungkinkan pembuatan doodle serta menyediakan ratusan stiker animasi dan emoji untuk mempercantik animasi. Selain itu, pengguna dapat mengolah foto mereka menjadi animasi maupun format GIF sesuai kreasi gambar dan suara terhadap foto tersebut.

Aplikasi peraih predikat “Most Enternaining” atau aplikasi paling menghibur pada Google Play’s Best Apps 2017 ini terjamin gratis seluruhnya serta bebas distraksi iklan. Aplikasi ini cocok untuk semua kalangan secara umum baik yang penggemar gambar manual, animator pemula, maupun orang yang hanya suka mengedit foto menjadi animasi.

[Download PicsArt Animator disini]

 

Dengan hadirnya 9 aplikasi di atas, Anda akan mewujudkan keinginan untuk membuat beragam animasi sesuai keinginan, kemampuan, dan kebutuhan. Anda pun dapat terus meningkatkan kemampuan sebagai animator yang lebih ahli jika rajin berlatih lewat aplikasi di atas. Selamat berkreasi, ya!