Aplikasi yang Wajib Dimiliki Pelajar dan Mahasiswa

Image by Jan Vašek from Pixabay

Sebagai seorang pelajar dan mahasiswa, pasti tidak terlepas dari yang namanya tugas. Apabila kamu merasa kesulitan dalam mengerjakan berbagai tugas yang banyak dan seringkali menyulitkan, artikel ini akan sangat bermanfaat untuk kamu. Baca sampai akhir, ya!

Dewasa ini, peran serta teknologi sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Salah satu perangkat yang kehadirannya tidak boleh terlewatkan yaitu HP. Hanya dengan melalui HP, segala macam pekerjaan maupun tugas sudah bisa diselesaikan. Untuk lebih memudahkan kamu dalam mengerjakan tugas, beberapa aplikasi berikut ini pasti bisa membantu kamu.

Simak aplikasi apa saja dan pastikan aplikasi tersebut terinstall di smartphone kamu. Let’s check this out.

Grammarly

Untuk kamu yang sering membuat tugas dalam Bahasa Inggris tapi cukup kesulitan dengan grammar, aplikasi ini bisa membantu. Grammarly tersedia dalam versi aplikasi, keyboard dan website. Masing-masing fitur memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Dengan menggunakan Grammarly Keyboard, kamu bisa langsung mengetik dokumen di HP dan Grammarly akan memperbaiki tulisan jika ada kesalahan.

Dengan Grammarly versi web, kamu bisa mengupload dokumen yang selesai kamu buat. Grammarly akan mengoreksi setiap detail tulisan tersebut. Selanjutnya akan diberikan saran penulisan sesuai kaidah Grammar yang baik dan benar. Berbagai masalah penulisan di essay, skripsi, tugas mengarang dan lain-lain pasti dapat diselesaikan dengan mudah. [Download Grammarly]

Evernote

Kesulitan mengingat-ingat sesuatu? Sering kehilangan catatan? Buat note di HP saja. Praktis dan yang pasti bisa digunakan dimanapun dan kapanpun. Salah satu aplikasi membuat catatan yang wajib dimiliki para pelajar dan mahasiswa yaitu Evernote. Mudah diakses dengan menggunakan HP, tablet dan juga laptop.

Sekali catatan tersimpan di Evernote, kamu bisa mencari setiap topik dan kata yang muncul di catatan kamu. Hal ini tentu saja bisa memudahkan sorting kata dan mengingat kembali catatan yang telah tersimpan. Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa membagikan setiap momen dan catatan kepada sesama pengguna Evernote. [Download Evernote]

Soundnote

Bagi yang sering lupa dengan ucapan dosen atau guru, aplikasi Soundnote bisa membantu. Aplikasi Soundnote akan merekam ucapan sembari kamu menulis catatan danpoin-poin penting lainnya. Apalagi jika ucapan guru atau dosen cukup cepat. Ketinggalan sebentar, kamu sudah tidak tahu lagi pembahasan yang sedang berlangsung.

Gunakan aplikasi Soundnote yang bisa meningkatkan daya konsentrasi. Selain itu, kamu juga bisa membagikan hasil rekaman kepada teman-teman yang lain. Proses belajar akan semakin mudah dan menyenangkan dengan aplikasi ini. [Download Soundnote]

Microsoft Office

Setiap pekerjaan dan tugas di sekolah maupun saat kuliah pasti tak lepas dari serangkaian perangkat lunak dari Microsoft. Pastikan satu bundle aplikasi ini tersedia di smartphone milikmu agar tetap bisa menjalankan proses belajar dengan baik. Beberapa aplikasi yang biasanya digunakan yaitu Microsoft Word untuk mengolah dokumen, Microsoft Excel untuk mengolah macam-macam data, dan juga Microsoft PowerPoint untuk mempresentasikan hasil kerja.

Memang aplikasi ini bisa jadi sudah tersedia di laptop kamu, tetapi dengan mengunduh aplikasi ini di smartphone milikmu tentu akan lebih memudahkan kamu dalam mengakses setiap data yang kamu butuhkan kapanpun. Terdapat beberapa pilihan cara install aplikasi ini. Cara pertama yaitu kamu hanya perlu menginstall salah satu aplikasi yang paling sering kamu gunakan. Sebagai contoh, kamu paling sering menggunakan Microsoft Word sedangkan tidak terlalu sering untuk aplikasi lainnya, maka sebaiknya download aplikasi Microsoft Word saja.

Cara yang selanjutnya yaitu install aplikasi paket bundling Office. Cara ini akan lebih efektif jika kamu membutuhkan seluruh varian aplikasi Microsoft lainnya dan lebih menghemat ruang penyimpanan. [Download Microsoft Office]

Kamus Besar Bahasa Indonesia & Oxford Dictionary of English

Image by Наталия Когут from Pixabay

Aplikasi selanjutnya yang layak kamu isntall di HP adalah kamus. Kenapa harus kamus? Karena dengan menggunakan kamus, kamu bisa mendapatkan ispirasi kata-kata dan membuat tugas yang kamu kerjakan memiliki ragam kata yang lebih bervariasi.

Apakah kamu pernah merasa bosan saat membaca tulisanmu sendiri? Cenderung berpikir “ah, tulisanku kok rasanya diulang-ulang, ya”? Pernah ingin mencoba mencari varian kata lain, tetapi bingung harus menulis apa? Kamus adalah jawaban yang paling tepat untuk masalah kamu.

Jika tugas yang dikerjakan dalam Bahasa Indonesia, sudah selayaknya kamu mencari di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Begitu juga dengan tugas-tugas yang menggunakan Bahasa Inggris, maka kamu harus melihat berbagai sinonim di Oxford Dictionary for English.

Dengan menggunakan kamus ini, kamu juga bisa mencari arti kata-kata sulit atau kata-kata yang jarang kamu dengar. Sebagian literatur memang sering menggunakan kata-kata yang kurang familiar. Sehingga kehadiran kamus akan sangat diperlukan.

Kedua aplikasi ini mampu bekerja saat kamu sedang offline. Meski sedang tak punya paket internet atau tidak terhubung ke WiFi, kamu tetap bisa mengerjakan tugas dengan bantuan dua aplikasi ini. [Download Kamus Besar Bahasa Indonesia]

[Download Oxford Dictionary for English]

iStudiez Pro – Legendary Planner

Sering merasa tugas terbengkalai? Buat jadwal untuk tugasmu, yuk! iStudiez Pro adalah aplikasi yang paling tepat untuk membuat jadwal kamu tidak lagi berantakan. Masukkan setiap tugas dan deadline nya ke dalam aplikasi ini, dan biarkan iStudiez Pro menjadi pengingatmu.

Tersedia fitur pengingat untuk setiap tugas yang sedang kamu kerjakan. Saat kamu sudah tiba di rumah, aplikasi ini bisa mengingatkanmu untuk menyelesaikan PR yang masih tersisa. Buat setiap hari menjadi lebih menyenangkan dengan setiap kegiatan yang tersusun dengan rapi. Pastikan memasukkan keterangan waktu yang tepat agar hasil yang diberikan juga tidak mengecewakan.

Aplikasi ini mampu membuat sinkronisasi jadwal dengan kalender milikmu. Kamu juga bisa mengirimkan setiap jadwal kepada orang tua dan temanmu. iStudiez Pro sangat cocok untuk para pelajar maupun mahasiswa. [Download iStudiez Pro]

MyScript Calculator

Ingin membuat hitung-hitungan akan tetapi sulit menemukan kertas dan bolpoin? MyScript Calculator adalah jawaban untuk kesulitan yang sedang Anda hadapi. Aplikasi ini memberikan fasilitas untuk melakukan penghitungan secara manual.

Dengan menggunakan MyScript Calculator, kamu tak perlu khawatir mencari stylus. Cukup dengan menggunakan jari, kamu sudah bisa mulai membuat hitung-hitungan dengan cepat, mudah dan tepat. Mulai ramah lingkungan dengan menghemat penggunakan kerta, mengganti ke era digital dengan aplikasi MyScript Editor ini. [Download MyScript Calculator]

Forest

Forest adalah sebuah aplikasi untuk melatih konsentrasi, kesabaran dan fokus. Bagi yang sering merasa hilang fokus secara tiba-tiba. Forest bisa membantu. Di dalam aplikasi ini terdapat sebuah program yang mana kamu harus menanam pohon dan menyiramnya secara berkala.

Apabila proses menyiram sudah selesai, pohon yang telah kamu tanam akan berubah menjadi koin. Koin ini nanti bisa disumbangkan untuk membanu daerah-daerah yang masih gersang di seluruh dunia. Dengan Forest, kamu bisa bermain sambil membantu melestarikan lingkungan. [Download Forest]

CamScanner

Di masa pembelajaran daring akibat wabah virus Covid-19 ini, membuat setiap tugas juga harus dikirimkan secara virtual. Apabila selama ini merasa kesulitan akibat tugas yang diambil gambarnya kurang begitu jelas, gunakan aplikasi scan gambar dari Cam Scanner. Kamu bisa menyimpan gambar dalam bentuk .jpg atau PDF.

Dengan menggunakan CamsScanner, dapat membuat tugas kamu menjadi lebih rapi dan jelas. Hasil scan itu tadi dapat dibagikan kepada guru, dosen dan juga teman-teman. Selain digunakan untuk melakukan scan tugas, CamScanner juga bisa digunakan untuk scan berbagai macam file yang lain, seperti foto, ijazah, sertifikat dan lain-lain.

Kini proses scanning atau pemindaian dokumen tidak perlu lagi menggunakan scanner secara manual. Hanya perlu install aplikasi dan hasilnya sudah bisa langsung diketahui. [Download CamScanner]

Itulah tadi beberapa aplikasi yang wajib ada di smartphone android milik pelajar dan mahasiswa. Buat sistem belajar mengajar menjadi lebih bermanfaat dan menyenangkan dengan menggunakan berbagai aplikasi di smartphone yang bisa diakses kapanpun. Selamat mencoba! (AF)