Aplikasi Buat Plan Rumah di Android

Image by Rudy and Peter Skitterians from Pixabay

Memiliki rumah impian adalah keinginan setiap orang. Ditambah dengan trend rumah yang semakin bertambah setiap harinya dengan beragam desain unik yang hanya dimiliki oleh orang tersebut. Bagi para milenial sudah memasuki usia untuk merealisasikan rumah impiannya.

Kriteria rumah impian setiap orang tentunya berbeda-beda. Ada yang menginginkan rumah minimalis dan hangat, namun ada juga yang menginginkan rumah yang besar dengan banyak pilar. Nah, sebelum merealisasikan rumah dalam wujud aslinya akan lebih baik jika membuat perencanaan terlebih dahulu tentang gagasan rumah impian yang diinginkan.

Meski belum terbentuk rumahnya, anda sudah bisa membuat rancangannya terlebih dahulu. Selain menghemat biaya, Anda juga bisa bebas berekspresi untuk desain rumah impian menggunakan aplikasi di smartphone. Berikut ini adalah beberapa aplikasi di smartphone android untuk membuat plan rumah. Let’s check it out!

Homify

Sebelum memulai membuat desain rumah, ada baiknya bila anda mencari banyak referensi dari berbagai macam sumber. Aplikasi yang paling tepat untuk mencari inspirasi adalah Homify. Homify merupakan salah satu aplikasi terbaru yang menyediakan berbagai macam arsitektur dan desain sebuah rumah.

Dalam aplikasi Homify tersedia berbagai macam desain dari bermacam-macam arsitek internasional yang sudah pro di bidangnya. Berbagai desain sudut rumah bisa anda dapatkan melalui aplikasi ini. Tak hanya itu saja, juga tersedia pilihan untuk memilih gaya yang disukai, mulai dari Country, Shabby Chic, Classic, hingga modern telah tersedia di Homify.

Tersedia pilihan untuk menyimpan ide-ide dalam “ideabook”. Sehingga suatu saat Anda bisa membukanya kembali ketika dibutuhkan. Homify bisa diunduh secara gratis dan tidak terdapat iklan di dalamnya. [Download Homify]

Home Design 3D

Untuk mewujudkan desain rumah impian, aplikasi yang cocok yaitu Home Design 3D. Home Design 3D memberikan anda kemampuan untuk membuat desain rumah impian secara 2D dan 3D. Arsitektur seluruh bangunan bisa dilihat dengan jelas dan detail menggunakan mode 3D.

Bangunan yang sudah berdiri, bisa ditambah dengan dekorasi dan perabotan yang mendukung. Peletakannya juga bisa disesuaikan dengan selera sang pembuat. Home Design 3D menyediakan lebih dari 1000 database properti yang bisa digunakan.

Aplikasi Home Design 3D bisa juga digunakan sebagai sarana belajar membuat desain rumah. Terdapat versi gratis dan berbayar. Home Design 3D bisa bekerja secara online maupun offline. [Download Home Design 3D]

IKEA Store

Siapa yang tak kenal dengan IKEA? IKEA merupakan salah satu merk furniture yang telah mendunia. Siapapun pasti sudah mengenal IKEA. Gerai IKEA juga sudah tersebar di berbagai tempat.

IKEA Store cocok untuk anda yang ingin mendekorasi rumah dengan berbagai macam perabot. Aplikasi ini memudahkan proses belanja karena bisa dilakukan dari rumah. Tak hanya itu saja, IKEA Store juga menyediakan fitur Augmented Reality yang membantu anda untuk menyesuaikan barang yang diinginkan dengan kondisi asli di rumah.

Dengan berbagai kemudahan yang diberikan, IKEA Store bisa menjadi salah satu pilihan aplikasi untuk mendekorasi sebuah ruangan tanpa membawa barang aslinya secara langsung ke lokasi yang diinginkan. Selanjutnya terserah anda, mau membeli secara langsung ke gerai terdekat atau membeli lewat aplikasi IKEA Store. [Download IKEA Store]

Houzz

Aplikasi lain yang bisa menjadi referensi untuk desain arsitektur dan perabotan yang lainnya yaitu Houzz. Houzz membawa impian menjadi nyata ke rumah anda. Berbagai macam desain interior maupun eksterior bisa dibuat menggunakan Houzz.

Terdapat lebih dari 2000 referensi yang bisa digunakan dalam Houzz. Selain itu, Houzz memiliki fitur padu padan dengan menyesuaikan tema, warna dan bentuk bangunan. Juga ada fitur augmented reality untuk mencoba berbagai macam furniture secara langsung ke rumah anda. Sehingga bisa disesuaikan besarnya barang tersebut dengan ruang yang tersedia.

Houzz juga menyediakan fitur konsultasi untuk memperoleh desain dan furniture yang tepat sesuai dengan kondisi rumah. Gunakan aplikasi ini untuk mencoba berbagai macam furniture yang cocok untuk kamar anda sebelum membelinya secara langsung. [Download Houzz]

Build.com

Build.com merupakan salah satu aplikasi perbaikan rumah yang terbaru. Dalam Build.com anda bisa mendapatkan berbagai macam produk dengan gaya terbaru. Juga tersedia produk unik yang tak umum di pasaran. Aplikasi ini membuat anda mudah terhubung dengan ahli project perumahan semacam ini.

Fitur Augmented reality yang disediakan oleh aplikasi ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Build.com telah meraih penghargaan Best Augmented Reality App dan Best Home and Lifestyle App dari Appy Awards 2018, serta Gold Winner Best AR/VR App dari Smarties 2018. Bawa dan coba barang yang diinginkan dengan mudah langsung melalui smartphone android ke rumah anda.

Build.com juga menyediakan kupon dan Sale secara berkala. Aplikasi ini bisa diakses dengan gratis secara keseluruhan. [Download Build.com]

Floor Plan Creator

Desain rumah rasanya tak lengkap tanpa perencanaan desain lantai. Floor Plan Creator adalah jawaban untuk segala harapan desain lantai rumah. Tak perlu khawatir dengan kondisi rumah bertingkat, karena dengan fitur 3D yang diberikan anda bisa membuat perencanaan setiap lantai dengan baik dan jelas.

Aplikasi ini memberikan fasilitas kalkulasi secara otomatis atas ukuran tanah dan pembangian ruangan rumah. Floor Plan Creator mampu membuat pengukuran dengan akurat serta bisa menunjukkan kepada anda tour rumah secara keseluruhan.

Floor Plan Creator pada dasarnya tidak memberikan tarif khusus untuk mendownload dan membuat desain pribadi milik anda. Namun, jika ingin menghilangkan iklan serta mengekspor hasil desain maka harus mengaktifkan fitur berbayar. [Download Floor Plan Creator]

Planner 5D

Jika anda berpikir bahwa Planner 5D mampu membuat desain rumah dengan gambar 5 dimensi, dugaan tersebut kurang tepat. Planner 5D sebenarnya menyediakan fasilitas untuk membuat desain 3D dan 2D. Sehingga kemungkinan munculnya nama 5D berasal dari kombinasi 3D dan 2D (2D+3D=5D).

Aplikasi Planner 5D menyediakan anda fasilitas untuk membuat perencanaan lantai secara 2D hingga membuat perencanaan bangunan yang sebenarnya. Tak lupa juga terdapat fitur untuk menambahkan dekorasi dan properti rumah. Anda bisa memilih lebih dari 4000 dekorasi yang tersedia.

Planner 5D bisa diunduh secara gratis ke smartphone android anda. Akan tetapi aplikasi ini juga menyediakan fitur berbayar yang mengizinkan anda untuk mengakses dekorasi lebih lengkap serta membebaskan aplikasi dari iklan. [Download Planner 5D]

Magicplan

Magicplan merupakan aplikasi menakjubkan yang harus anda coba untuk membuat desain rumah sendiri. Terdapat fitur sketsa perencanaan desain lantai secara 2D. Dan juga aplikasi ini bisa mengambil foto asli dari rumah anda saat ini untuk diukur atau ditentukan perpindahannya dengan kalkulasi tepat secara otomatis.

Magicplan memudahkan anda untuk membuat desain rumah sendiri ataupun rencana renovasi rumah anda sendiri. Ingin membuat desain rumah layaknya seorang professional? Gunakan Magicplan.

Fitur Augmented Reality yang tersedia juga akan memudahkan segala bentuk perencanaan dan perubahan pada rumah yang sudah ada. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis, namun untuk export berbagai macam data diharuskan untuk mengaktifkan fitur berbayar setiap bulan. [Download Magicplan]

Itulah tadi beberapa aplikasi buat rumah di android yang bisa Anda coba. Realisasikan rumah impian menggunakan aplikasi sederhana di smartphone Anda. (AF)