Aplikasi Buat Jadwal di Android

Image by Steve Buissinne from Pixabay

Anda yang memiliki banyak kegiatan dalam rentan waktu yang singkat mungkin seringkali mengalami kesulitan untuk mengatur waktu. Termasuk mengingat-ingat kegiatan yang selanjutnya akan dilakukan. Bahkan bisa jadi satu atau dua dari kegiatan-kegiatan anda akhirnya terlewat.

Image by congerdesign from Pixabay

Melewatkan sebuah kegiatan atau satu janji pertemuan merupakan suatu hal yang fatal. Tentu kita semua tidak ingin melewatkan satu jani pun. Karena hal itu tentu bisa merugikan anda baik secara waktu maupun materi. Bisnis anda mungkin berantakan tanpa adanya jadwal yang tersusun dengan rapi.

Kini, anda tidak perlu khawatir dengan jadwal yang tak tersusun rapi. Perangkat smartphone android yang selalu ada di genggaman anda, bisa menjadi salah satu sarana penyusun jadwal yang baik sekaligus pengingat bagi anda untuk segala kegiatan dan janji pertemuan yang anda buat. Anda hanya perlu menginstall beberapa aplikasi pendukung untuk membuat jadwal khusus milik anda sendiri. Berikut ini beberapa aplikasi untuk membuat jadwal di smartphone android yang wajib anda coba.

aCalendar

aCalendar adalah aplikasi kalender klasik yang menyediakan berbagai mcam fitur dasar. Jika anda membutuhkan berbagai macam fitur dasar pengingat, penunjuk tanggal, perencana agenda dan semacmnya, maka aplikasi ini sangat sesuai untuk anda. Aplikasi ini juga telah terintegrasi dengan Google Calendar yang terdapat dalam smartphone android anda.

Anda bisa menyesuaikan tema dari aplikasi ini. Untuk hal-hal dasar seperti fase bulan dan hari libur juga bisa dimasukkan ke dalam aplikasi ini. aCalendar mampu tersinkronisasi dengan kontak yang tersimpan dalam smartphone anda. Sehingga anda juga bisa mengetahui kapan hari ulang tahun dari teman-teman anda menggunakan aplikasi aCalendar.

Dalam aplikasi aCalendar juga tersedia fasilitas untuk memantau secara grafikal kegiatan anda dalam kurun waktu harian atau mingguan. Developer aCalendar memberikan 10% dari seluruh pendapatannya untuk melestarikan hutan hujan. Tersedia versi gratis maupun pro yang bisa anda install di smartphone android anda. [Download aCalendar]

Any.do

Any.do adalah kombinasi antara kalender dan daftar kerja dalam satu aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa membuat jadwal secara detail disertai dengan tampilan kalender yang rinci. Tampilan dari aplikasi Any.do cukup sederhana dan sangat menarik. Bahkan tersedia tema dark mode.

Any.do memberikan keleluasaan kepada anda bagi yang suka membuat jadwal secara terperinci. Anda juga bisa menandai catatan yang anda anggap lebih penting dibandingkan yang lain dengan menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga mendukung beberapa aplikasi kalender lainnya seperti Facebook, Outlook dan Google.

Dalam permasalahan harga, Any.do memiliki sedikit permasalahan karena aplikasi ini mengharuskan anda untuk berlangganan untuk mendapatkan layanan di aplikasi secara keseluruhan. Hal ini membuat aplikasi Any.do cukup sulit untuk direkomendasikan kepada orang-orang yang lebih memilih aplikasi mudah dan murah. [Download Any.do]

Remember The Milk

Remember The Milk adalah aplikasi yang sangat cocok bagi orang-orang yang sering lupa akan suatu hal dan kurang terorganisir dengan baik. Meski tampilannya agak sedikit ‘jadul’, akan tetapi hal tersebut memudahkan setiap pengguna yang ingin menggunakannya. Anda juga bisa menandai beberapa kegiatan penting dengan menggunakan warna-warna khusus yang bisa mendapatkan perhatian khusus dari anda.

Remember The Milk mampu melakukan sinkronisasi secara otomatis dengan beberapa sosial media milik anda, seperti Gmail, Twitter, Evernote dan lain-lain. Sehingga, berbagai macam jadwal dan pengingat bisa langsung tercantum dalam aplikasi ini. Aplikasi ini juga bisa mengirimkan pemberitahuan kepada anda melalui e-mail, twitter atau notifikasi HP.

Remember The Milk dapat diunduh dengan gratis. Namun, untuk mengaktifkan fasilitas lain seperti berbagi jadwal dan daftar kegiatan mengharuskan anda untuk berlangganan dan mengaktifkan fitur Pro. [Download Remember The Milk]

Google Calendar

Google Calendar adalah aplikasi kalender bawaan yang biasanya sudah terinstall secara otomatis di dalam perangkat android. Akan tetapi, anda juga bisa menginstallnya sendiri di smartphone anda jika masih belum memilikinya. Aplikasi yang ringan dan dapat diakses dengan gratis membuat setiap orang bisa menggunakannya dengan mudah dalam berbagai smartphone android. Apalagi aplikasi ini bisa melakukan sinkronisasi secara otomatis dengan akun-akun anda.

Google Calendar bisa menyimpan berbagai macam janji temu anda di berbagai tempat. Termasuk menyimpan jadwal pesanan anda di hotel, restoran atau penyedia layanan travel jika anda memiliki jadwal tersebut. Sehingga anda tidak akan ketinggalan jadwal penerbangan lagi karena adanya fasilitas asisten pribadi dengan pengingat Google Calendar.

Aplikasi ini cocok untuk anda yang ingin memulai hidup lebih terorganisir dan lebih produktif. Anda bisa menuliskan berbagai macam jadwal dan kegiatan harian anda melalui Google Calendar. [Download Google Calendar]

Sectograph

Sectograph adalah aplikasi selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengatur jadwal anda yang padat. Aplikasi ini mampu memvisualisasikan kegiatan anda selama satu hari dalam bentuk diagram lingkaran. Hal ini akan terlihat seperti alokasi pembagian waktu dalam sehari yang terpampang dengan jelas pada smartphone android anda.

Sectograph akan membuat sebuah widget di layar smartphone anda untuk memberikan jadwal secara khusus alokasi waktu antara satu kegiatan dan kegiatan lainnya. Sekilas pandang saja, anda sudah tahu kegiatan selanjutnya yang harus anda lakukan. Aplikasi yang sangat praktis bagi orang-orang yang memiliki jadwal cukup padat. [Download Spectograph]

TimeTree

TimeTree merpuakan aplikasi membuat jadwal yang bisa anda coba. TimeTree sangat cocok bagi anda yang memiliki jadwal bersama dengan orang banyak yang sangat padat. Misalnya anda sering membuat jadwa dengan keluarga, teman, ataupun rekan kerja, bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik.

Anda bisa mengundang banyak orang untuk merancang jadwal bersama dengan anda melalui berbagai macam platform seperti Facebook, Twitter, WhatsApp dan lain-lain. Terdapat tampilan bulanan yang memudahkan anda untuk merancang kegiatan selama setiap harinya dengan berbagai tanda warna yang berbeda. Seluruh anggota yang tergabung dalam grup anda bisa menambah atau mengurangi jadwal.

Tak hanya untuk kalender bersama, anda juga bisa merencakan berbagai kegiatan pribadi anda dalam jadwal tersendiri. Anda tak perlu khawatir karena keamanan data pribadi anda dijamin 100% kerahasiaannya. [Download TimeTree]

Trello

Trello merupakan aplikasi jadwal pribadi yang memungkinkan anda untuk memasukkan berbagai macam tugas dan checklist. Anda bisa menandai kegiatan-kegiatan yang telah anda laksanakan. Apabila anda sudah bosan dengan bentuk notebook sederhana, dengan Trello anda bisa memodifikasi bentuk papan dan kartu menjadi lebih menarik.

Trello mengizinkan anda untuk berbagi jadwal dengan rekan anda. Anda bisa memasukkan jadwal yang ada di penyimpanan anda, seperti DropBox. Tak hanya itu saja, anda bisa mencantumkan setiap kegiatan dengan detail. Bahkan, anda juga bisa memasukkan lokasi kegiatan anda yang terintegrasi langsung dengan Google Map.

Bebaskan pikiran anda dari beban memori jadwal yang bertumpuk dengan menggunakan aplikasi Trello. Tak hanya anda saja, anda juga bisa membantu orang lain untuk mengingat berbagai macam jadwal dengan perencanaan yang anda buat. [Download Trello]

Demikian tadi beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membuat jadwal. Lupa adalah sifat manusia yang lazim adanya. Namun, terkadang melupakan sesuatu bisa menjadi sebuah awal dari bencana besar. Buatlah jadwal agar hidup lebih terorganisir. (AF)