Aplikasi untuk Video Call Ramai-ramai di Android

Image by Anastasia Gepp from Pixabay

Sejak wabah Covid-19 semakin meluas di seluruh dunia, work from home sudah menjadi budaya. Kerja bisa dilakukan di rumah saja tanpa harus ke kantor. Tetapi harus senantiasa didukung dengan fasilitas internet yang selalu siap siaga.

Tak hanya para pekerja kantoran yang mengalami hal ini. Untuk sekedar hang out bersama kawan-kawan pun terpaksa dibatalkan demi menghindari hal-hal buruk yang bisa terjadi. Sehingga, demi menggantikan pertemuan yang seharusnya dilakukan secara langsung, kini berpindah melalui panggilan video.

Panggilan video ini bisa dilakukan dengan hanya dua orang saja atau bersama dengan banyak orang. Bila anda membutuhkan panggilan video yang membutuhkan orang banyak untuk bergabung, seperti rapat, berbincang dengan keluarga, ngobrol dengan teman satu komunitas dan lain-lain, maka anda bisa menggunakan beberapa aplikasi android berikut ini.

Google Meet

Google Meet adalah aplikasi khusus yang dibuat oleh Google demi menunjang kebutuhan panggilan video yang dapat menampung cukup banyak orang lebih dari Google Hangout yang sudah muncul terlebih dahulu. Aplikasi ini mampu menampung sebanyak 250 partisipan dalam satu kali pertemuan ini. Dan dalam mode ‘hanya lihat’ anda bisa mengundang hingga 100.000 pengguna.

Fitur terbaik yang dimiliki oleh aplikasi ini yaitu adanya integrasi dengan berbagai aplikasi G Suite yang lainnya. Jadwal pertemuan anda bisa dituliskan di Google Calendar serta mengingatkan anda akan jadwal pertemuan tersebut. Saat membutuhkan file tertentu, anda bisa mengakses google drive di saat yang bersamaan. Selain itu, yang paling menarik adalah dengan adanya fasilitas melakukan video secara langsung melalui kontak Google yang tersimpan di daftar kontak anda.

Meski aplikasi ini agak terbatas untuk jumlah partisipan yang lebih besar, Google Meet masih cocok digunakan sebagai sarana melakukan perkuliahan atau seminar secara daring. Kualitas video yang ditawarkan oleh Google Meet ini juga tidak bisa diremehkan. [Download Google Meet]

Zoom

Zoom merupakan aplikasi panggilan video yang cukup terkenal di berbagai kalangan. Ketenaran Zoom memiliki berbagai alasan yang bukan hanya sekedar isapan jempol belaka. Bagi sebagian besar orang, Zoom tetap bekerja dengan baik.

Setelah aplikasi zoom berhasil diinstal di smartphone android anda, anda dapat menyelenggarakan panggilan video 1: 1 gratis tanpa batas waktu. Anda juga bisa membuat panggilan grup hingga 100 orang selama anda tidak berbicara selama lebih dari 40 menit. Paket berbayar memungkinkan Anda mengobrol dengan hingga 1.000 orang sekaligus, banyak untuk hampir setiap situasi.

Satu hal yang terpenting, Zoom sangat bisa diandalkan. Bahkan ketika koneksi internet sedang dalam kondisi yang tidak maksimal, Zoom biasanya tetap membuat panggilan video berjalan dengan baik. Meskipun terkadang pada tingkat kualitas yang lebih rendah. Anda dapat merekam panggilan apa pun sebagai video berdurasi penuh.

Peserta panggilan video ini juga dapat menggunakan obrolan teks untuk berbicara satu sama lain, baik sebagai grup atau sebagai pesan pribadi individu, selama panggilan. Ada juga fitur berbagi layar sehingga anda dan lawan bicara bisa saling mengetahui aplikasi lain yang sedang dijalankan. [Download Zoom]

CISCO Webex Meeting

CISCO adalah salah satu brand yang dikenal sebagai pakar jaringan dan teknologi informasi. Kini, CISCO hadir dengan versi layanan panggilan video bernama CISCO Webex Meeting. Aplikasi ini bisa diakses melalui android maupun versi desktop.

Merk CISCO khas dengan harga yang cukup tinggi, namun ternyata untuk panggilan videonya bisa diakses dengan gratis. Webex ini merupakan solusi konferensi video dalam sebuah perusahaan. Sehingga sangat baik bila digunakan untuk sebuah institusi tertentu.

Dalam satu kali panggilan, aplikasi ini mampu menampung hingga 100 partisipan tanpa batasan waktu. Selain itu, Webex meyediakan penyimpanan cloud dengan kapasitas yang tidak main-main mencapai 1GB hanya dengan menggunakan akun gratis. Aplikasi ini juga bisa dilakukan di 52 negara secara bersamaan sehingga memungkinkan adanya konferensi gabungan dari berbagai negara. [Download Cisco Webex Metting]

GoToMeeting

GoToMeeting adalah bagian dari keluarga aplikasi konferensi video LogMeIn yang memungkinkan anda untuk melakukan panggilan video dengan tim atau menyiarkan webinar kepada ribuan orang. GoToMeeting memungkinkan anda untuk melakukan panggilan video dengan banyak orang, mengadakan konferensi serta membagikan layar aplikasi dengan orang lain yang menjadi lawan bicara anda.

Aplikasi ini mengizinkan anda untuk membuat panggilan sekali saja atau mengulang panggilan dalam beberapa kali sesi. Anda bisa membuat tautan sendiri untuk mengakses GoToMeeting buatan anda. Sehingga, anda bisa mengajak orang lain yang tidak termasuk dalam grup anda untuk melakukan panggilan bersama secara virtual dan untuk khalayak yang lebih luas seperti webinar.

GoToMeeting memberikan anda berbagai macam fasilitas layaknya seorang profesional, termasuk rekaman panggilan, panggilan melalui nomor, panggilan otomatis dari GoToMeeting, dan video HD untuk hingga enam peserta. Anda bahkan dapat memonitor level audio anda sendiri menggunakan perangkat komunikasi yang digunakan, sehingga anda dapat mengetahui seberapa keras suara anda selama melakukan panggilan. [Download GoToMeeting]

Skype

Skype memang sudah sejak lama dikenal sebagai aplikasi yang digunakan untuk melakukan panggilan video. Bahkan setiap orang yang berkecimpung di dunia VoIP sudah tak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Skype cocok digunakan dalam tim kecil dengan jumlah yang tidak melebihi 50 orang. Fitur ini diperluas dari yang asalnya hanya menampung 25 peserta.

Aplikasi ini bisa diunduh terlebih dahulu di perangkat android anda sebelum digunakan. Anda bisa merekam ketika panggilan video sedang berlangsung. Dan hasilnya bisa dibagikan kepada peserta lain hingga 30 hari lamanya. [Download Skype]

Join.me

Join.me merupakan aplikasi lain besutan LogMeIn yang memungkinkan anda untuk melakukan panggilan video. Aplikasi ini sekilas nampak mirip dengan GoTo Meeting karena memang berasal dari perusahaan yang sama. Fasilitas yang diberikan juga tidak jauh beda namun dalam versi gratis join.me hanya bisa digunakan untuk jumlah peserta yang lebih sedikit.

Dalam versi perangkat seluler, join.me tidak bisa digunkaan untuk membagikan dokumen atau membagi layar. Sehingga, akan lebih cocok bagi anda yang hanya melakukan komunikasi secara lisan dan visual saja kepada lawan bicara anda. Join.me memungkinkan anda untuk bergabung atau membuat sebuah konferensi di manapun dan kapanpun dengan kondisi jaringan yang tetap terjamin tentunya.

Join.me merupakan aplikasi berbasis VoIP sehingga anda dapat mendengarkan segala hal dalam pembicaraan secara real-time. Aplikasi ini telah didukung penggunaannya di 45 negara seluruh dunia. Bila ingin mendapatkan fasilitas yang lebih maksimal sehingga anda bisa mengakses seluruh fitur yang tersedia, anda bisa mengaktifkan versi PRO. [Download join.me]

Itulah tadi beberapa aplikasi panggilan video ramai-ramai di android yang bisa anda gunakan dengan teman-teman, rekan kerja, keluarga ataupun kolega anda. Meski tak bisa bertemu langsung karena terhalang kondisi, jarak dan waktu, tetap jalin komunikasi yang baik menggunakan aplikasi panggilan video. Selamat mencoba!