9 Aplikasi Untuk Anak Elektro

Elektro adalah salah satu jurusan kuliah yang diminati banyak orang karena prospek kerjanya yang positif di kemudian hari. Banyak mahasiswa yang rela begadang serta menghabiskan banyak uang supaya bisa mendapatkan nilai terbaik ketika kuliah.

Sayangnya, masih banyak mahasiswa yang gagal dalam kuliah elektro karena materinya yang cukup sulit. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi tentang hal ini karena sekarang juga sudah banyak aplikasi untuk anak elektro yang bisa dipasang di smartphone kesayangan.

Nah berikut adalah rekomendasi aplikasi untuk anak elektro terbaik yang perlu diketahui:

Electrical Circuits Pro

Dari namanya saja sudah terbaca jika Electrical Circuits Pro adalah aplikasi yang siap membantu Anda untuk memahami suatu rangkaian listrik. Memahami hasil dari Electrical Circuits Pro pun terbilang mudah karena ditandai dengan warna tertentu dan Anda bisa membaca kodenya pada bagian tutorial. 

Selain itu, Electrical Circuits Pro menampilkan hasilnya pada tabel sehingga lebih jelas dan mudah dipahami oleh amatir sekalipun. Untuk bisa mengakses semua fiturnya, Anda bisa menjadi anggota Electrical Circuits Pro yang perlu membayar biaya bulanan.

Anda bisa mengunduh Electrical Circuits Pro kapan saja hanya di sini.

Electrodoc – Electronic in Your Hands

Electrodoc adalah aplikasi yang dijamin memudahkan anak elektro dalam mengukur segala kebutuhannya karena banyak fitur alat ukur di dalamnya. Beberapa fitur yang tersedia antara lain ada Resistor Color Code, SMD Resistor Code, Ohm’s Law, Voltage Divider, Capacitor Charge, dan masih banyak lagi.

Selain berbagai alat ukur yang bisa digunakan secara gratis, Electrodoc juga menawarkan fitur premium di mana Anda tidak akan menemui iklan sama sekali. Bahkan Anda bisa mengakses berbagai jenis kalkulator sehingga segala tugas elektro pun bisa cepat selesai. 

Anda bisa mengunduh Electrodoc kapan saja hanya di sini

Electronics Toolkit

Electronics Toolkit bukan hanya digunakan oleh mahasiswa elektro, namun juga para arsitektur dan pastinya juga cocok untuk Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang elektro. Fitur yang tersedia di Electronics Toolkit pun terbilang cukup lengkap, misalnya saja ada kalkulator yang siap membantu Anda untuk menghitung LED,  Resistor Color Codes, Parallel Resistor, Voltage Divider, dan masih banyak lagi. 

Perhitungan Electronics Toolkit pun tidak usah diragukan lagi karena mengaplikasikan langsung teori Ohm’s Law yang memang sudah menjadi pakem anak elektro. Hasil dari Electronics Toolkit juga mudah dipahami karena ditampilkan dalam tabel dengan 7 segmen yang berbeda. 

Menariknya lagi, Electronics Toolkit bisa disambungkan dengan bluetooth sehingga memudahkan Anda untuk menggunakannya di berbagai kesempatan. Bahkan semua fitur yang tersedia bisa Anda akses secara gratis, lho!

Anda bisa mengunduh Electronics Toolkit kapan saja secara gratis hanya di sini.

Electrical Technology

Banyak mahasiswa yang sudah mengandalkan Electrical Technology mengingat banyaknya fitur gratis yang ditawarkan dan bisa digunakan kapan saja, bahkan saat offline lho! Beberapa fitur yang bisa Anda gunakan antara lain adalah Advance Voltage Drop Calculator, Parallel Resistor Calculator, Wire Size Calculator in AWG, dan masih banyak lagi. 

Menariknya lagi, fitur ini sudah tersedia dalam 46 bahasa sehingga memudahkan Anda untuk menggunakannya kapan saja. Selain itu, Anda bisa memilih 2 tema aplikasi yang berwarna Light White dan Dark Blue sehingga lebih nyaman ketika menggunakannya kapan saja. 

Kabar baiknya, semua fitur Electrical Technology ditawarkan secara gratis, lho! Anda bisa mengunduh Electronical Technology kapan saja hanya di sini.

Every Circuit

Sama seperti namanya, Every Circuit adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk memahami tentang kondisi suatu sirkuit alias sitem listrik. Melalui aplikasi ini pula, Anda bisa tahu tentang besaran volt pada sistem listrik yang diinginkan. 

Menariknya lagi, Every Circuit punya komunitasnya sendiri dan Anda bisa bergabung secara gratis untuk belajar lebih jauh tentang sistem listrik ataupun ilmu elektro lainnya. Bahkan Anda bisa menyimpan data sistem listrik yang barusan diteliti ke Cloud sehingga data bisa diakses di mana saja dan kapan pun yang dibutuhkan. 

Bahkan aplikasi ini tidak mengandung iklan sama sekali sehingga Anda bisa lebih fokus mempelajari suatu sistem listrik tanpa gangguan. Anda bisa mengunduh Every Circuit kapan saja secara gratis hanya di sini.

Electrical Calculations

Masih sering kesulitan untuk menghitung besaran listrik? Tenang saja, Anda bisa mengandalkan Electrical Calculations yang menyediakan beragam fitur yang bisa digunakan secara gratis, kok! Fitur utama yang ditawarkan Electrical Calculations antara lain ada Wire Size, Voltage Drop, Reactive Power, Power Factor, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Electrical Calculations juga menyediakan banyak fitur konversi dan Anda pun bisa menggunakannya kapan saja sesuai kebutuhan. Tentunya Anda bisa mendaftar menjadi anggota premium untuk mengakses lebih banyak fitur bahkan tidak akan terganggu iklan sama sekali.

Anda bisa mengunduh Electrical Calculations kapan saja secara gratis hanya di sini.

Droid Tesla

Membicarakan aplikasi untuk anak elektro tentunya belum afdol tanpa kehadiran Droid Tesla. Aplikasi satu ini siap membantu Anda untuk membaca sistem elektronik suatu perangkat dengan perhitungan yang akurat. Hasilnya pun tidak usah diragukan lagi karena menggunakan Kirchoff’s Current Law. 

Anda bisa menggunakan Droid Tesla untuk berbagai kebutuhan, seperti bisa difungsikan sebagai Resistor, Capacitor, Inductor, Potentiometer, dan masih banyak lagi. Untuk menggunakan semua fiturnya, Anda perlu membayar sekitar Rp.130 ribu tiap bulannya.

Anda bisa mengunduh Droid Tesla kapan saja hanya di sini

Electrical Wiring Lite

Belum puas dengan aplikasi untuk anak elektro yang disebutkan sebelumnya? Tenang saja, masih ada Electrical Wiring Lite yang menawarkan berbagai fiturnya secara gratis kok! Anda juga bisa menjadi anggota Electrical Wiring Lite supaya lebih bebas untuk mengakses fitur lainnya dengan rutin membayar biaya bulanan. 

Beberapa fitur yang bisa ditawarkan aplikasi ini antara lain ada Ground Wire Sizing, Voltage Drop, Neutral Current, Demand Load, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengunduh Electrical Wiring Lite kapan saja secara gratis hanya di sini

Electrical Engineering Pack Pro

Satu lagi aplikasi untuk anak elektro yang tidak boleh dilewatkan adalah Electrical Engineering Pack Pro. Menghitung berbagai hal yang berkaitan dengan listrik ataupun elektro semakin mudah karena aplikasi ini menawarkan 45 kalkulator dan 16 converter sekaligus. 

Hitungannya pun terbilang sangat akurat sehingga Anda bisa mengandalkan aplikasi ini di berbagai kesempatan. Hasil hitungannya pun bisa Anda bagikan dalam hitungan detik melalui berbagai sosial media, email, ataupun aplikasi chatting yang diinginkan. 

Menariknya lagi, semua fitur yang tersedia bisa Anda akses secara gratis tanpa syarat apapun lho! Anda bisa mengunduh Electrical Engineering Pack Pro secara gratis hanya di sini

Pastinya sudah tidak bingung lagi mempelajari elektro setelah tahu aplikasi barusan kan? Semoga informasi tersebut membantu Anda untuk lebih memahami elektro dalam waktu singkat, ya!