Aplikasi Buka File XLS di Android

Photo by fauxels from Pexels

Seiring dengan perkembangan jaman, kini pekerjaan manusia telah dimudahkan. Pekerjaan bisa menjadi lebih cepat dan terstruktur hanya dalam waktu yang singkat. Tak hanya itu saja, setiap pekerjaan kini bisa diakses di manapun dan kapanpun. Sehingga memungkinkan setiap orang untuk bekerja dari jarak jauh.

Kemudahan tersebut ditunjang dengan adanya ponsel pintar atau yang biasa disebut dengan smartphone semakin mudah untuk didapatkan. Hampir setiap saat smartphone ini selalu berada di genggaman. Tak mau ketinggalan, file XLS juga harus bisa diakses setiap saat melalui smartphone.

File tipe XLS ini biasanya terdiri dari banyak kolom dan berisi banyak data, terutama data-data berupa angka. Mungkin anda akan membayangkan betapa rumitnya mengakses data yang begitu banyak hanya melalui layar smartphone yang tidak terlalu besar. Bayangan ini agaknya kurang tepat, karena dengan menggunakan smartphone anda juga bisa membuka data XLS dengan baik dan data bisa terbaca dengan jelas.

Untuk membuka file XLS yang anda inginkan, ada beberapa pilihan aplikasi di android yang bisa anda coba. Berikut beberapa ulasan setiap aplikasi tersebut.

Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang sering dijumpai dalam versi desktop baik melalui laptop ataupun PC. Meski Microsoft Excel merupakan produk buatan Microsoft yang lebih kompatibel dengan Windows, aplikasi ini ternyata dapat digunakan di smartphone android dengan sangat baik. Bagi anda yang sering berkutat dengan uang, bisnis, database dan finansial, maka aplikasi ini cocok untuk anda.

Dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa membuka file XLS tanpa ada bagian layout yang hilang. Sehingga meski layar smartphone lebih kecil, akan tetapi seluruh data yang terdapat di dalam file XLS anda tetap bisa dibuka dan dibaca dengan baik. File XLS anda tak hanya bisa dibuka saja dengan menggunakan Microsoft Excel ini, melainkan juga bisa digunakan untuk menambah atau mengurangi isi, membuat dari awal, membaca data serta membagikan kepada orang lain dengan mudah dan cepat.

Tak hanya itu saja, anda juga bisa membuat dan menampilkan berbagai macam grafik dari data yang sudah anda buat menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Setelah anda menyelesaikan seluruh pekerjaan ini, bisa anda lanjutkan untuk menyimpannya di penyimpanan internal, DropBox ataupun Google Drive. Serta anda juga bisa langsung melampirkan hasil yang anda peroleh tersebut melalui e-mail.

Microsoft Excel telah diunduh oleh lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia. Meski kapasitas aplikasi ini cukup besar, Microsoft Excel tidak akan membuat anda kecewa dengan berbagai macam fitur yang diberikan. [Download Microsoft Excel]

WPS Office

WPS Office merupakan aplikasi yang biasa digunakan pada smartphone android. Aplikasi ini memiliki beberapa fungsi utama di antaranya yaitu untuk membuka file yang berkestensi doc, xls, pdf dan sejenisnya. Sehingga, hanya menggunakan satu aplikasi saja anda sudah bisa melakukan berbagai macam hal.

WPS Office menyediakan berbagai fasilitas untuk membaca file XLS anda dengan jelas. Anda juga bisa melakukan pengubahan dengan cepat pada file XLS yang sedang anda buka. Di antaranya seperti penambahan data, pengisian formula, perubahan font dan lain-lain.

Sudah banyak pengguna yang puas dengan aplikasi WPS Office ini. Terbukti dengan adanya 100 juta lebih pengguna yang aktif menggunakan aplikasi ini di seluruh dunia. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis. Akan tetapi juga tersedia versi premium yang memungkinkan anda untuk melakukan proses editing lebih lanjut serta bisa menghilangkan iklan yang sering muncul dalam WPS Office ini. [Download WPS Office]

Polaris Office

Polaris Office merupakan aplikasi lain yang bisa anda gunakan untuk membuka file XLS anda. Dengan menggunakan aplikasi Polaris Office ini memungkinkan anda untuk melakukan berbagai proses edit tanpa membutuhkan waktu yang lama. Bahkan, di dalam Polaris Office ini sudah menyediakan segala aplikasi kantoran yang dibutuhkan selayaknya yang ada pada Microsoft.

Di dalam Polaris Office mungkin tidak terlalu banyak fitur yang tersedia, namun bila digunakan untuk para pekerja yang butuh waktu singkat dan melakukan perubahan saat sedang di perjalanan masih sangat cocok. Anda bisa menambahkan berbagai macam formula hingga 300 varian lebih serta menggunakan 20 tipe grafik yang mampu menunjang berbagai macam pekerjaan anda. Tak lupa juga telah tersedia berbagai filter, template, tema dan bentuk bangun ruang yang bisa digunakan pada Polaris Office ini.

Polaris Office menyediakan penyimpanan berbasis Cloud dengan kapasitas mencapai 10 GB. Anda juga bisa langsung menyimpan hasil pekerjaan di cloud ini secara otomatis. Tapi bila anda ingin menyimpannya ke penyimpanan yang lain, tentu bisa. Anda bisa memilih antara menyimpan di penyimpanan lokal, DropBox, Google Drive, OneDrive dan lain-lain.

Untuk membagikan file juga sudah disupport oleh Polaris Office ini. Bila anda suka membagikan hasil kerja melalui Google Chromecast juga sudah bisa dilakukan dengan Polaris Office ini. Hal ini akan sangat berguna jika anda butuh membagikan file spreadsheet kepada orang lain atau kepada sebuah grup tertentu. [Download Polaris Office]

Google Sheet

Google Sheet adalah aplikasi buatan Google khusus untuk menangani dokumen berbasis spreadsheet atau yang berekstensi XLS. Aplikasi ini sangat menunjang pekerjaan para pengguna android karena memang akan sangat kompatibel karena baik Google Sheet maupun Android itu sendiri adalah produk buatan Google.

Google Sheet bisa terintegrasi dengan seluruh aplikasi Google lainnya seperti Gmail, Google Drive, dan lain-lain. Sehingga hanya dengan satu aplikasi ini anda bisa mengakses berbagai data penyimpanan yang anda miliki. Anda tidak perlu lagi menggunakan aplikasi lain.

Google Sheet mampu mengerjakan berbagai fungsi yang dimiliki Microsoft Excel. Tampilan antar muka aplikasi Google Sheet ini cukup sederhana sehingga memudahkan anda untuk menggunakannya. Tak hanya itu saja, Google Sheet tetap bisa digunakan meskipun anda sedang offline atau tidak terhubung ke jaringan.

Sebenarnya Google memiliki paket aplikasi untuk mengolah dokumen. Akan tetapi, jika anda hanya membutuhkan aplikasi untuk membuka XLS, maka abaikan yang lain dan hanya install Google Sheet di smartphone anda. Aplikasi Google Sheet bisa diunduh dengan gratis di Play Store. [Download Google Spreadsheet]

OfficeSuite

OfficeSuite merupakan sebuah paket aplikasi pengolahan data seperti beberapa aplikasi sebelumnya. Meski hanya membutuhkan aplikasi yang digunakan untuk membuka file XLS, OfficeSuite bisa memberikan anda beberapa aplikasi lain lebih dari sekedar tujuan tadi saja. Walau terdapat beberapa fitur yang ditawarkan, anda tidak akan merasa terganggu dengan fitur-fitur lainnya.

OfficeSuite dapat bekerja dengan cepat serta performanya tak bisa diragukan lagi. Tampilan antar muka nya cukup jelas dan tidak muncul masalah apapun meski layar smartphone anda tidak terlalu besar. Aplikasi ini tidak akan menghalangi anda untuk membaca data yang banyak itu.

Anda tak perlu khawatir meski smartphone yang anda gunakan masih mengusung teknologi yang lama karena OfficeSuite sudah kompatibel dengan Android Marshmallow. OfficeSuite sudah terintegrasi dengan berbagai media penyimpanan seperti Google Drive, Amazon Cloud Drive, OneDrive dan Dropbox. OfficeSuite telah tersedia dalam 56 bahasa serta bisa diunduh secara gratis. [Download OfficeSuite]

Simple Spreadsheet

Simple Spreadsheet adalah aplikasi selanjutnya yang bisa anda unduh di smartphone android anda untuk membuka file XLS. Aplikasi ini memiliki berbagai fasilitas dasar pengolahan angka seperti membuat formula, mengatur data, memasukkan data, memberikan warna dan lain-lain. Tak hanya itu saja, anda bisa freeze ataupun unfreeze kolom dan baris pertama dalam dokumen, sehingga bisa lebih muda untuk membaca dokumen jika dibutuhkan.

Tak hanya itu saja, anda bisa menyesuaikan ukuran kolom yang sedang anda ubah. Aplikasi ini juga cocok untuk mengolah data CSV dengan cepat dan mudah. Mengubah, menggandakan dan menyesuaikan data akan lebih mdah menggunakan aplikasi ini.

Simple Spreadsheet sangat cocok bagi anda yang hanya membutuhkan fitur sederhana pengolahan data dalam tabel. Anda tak perlu membutuhkan terlalu banyak memori karena ukuran aplikasi ini tidak terlalu besar. Tersedia versi gratis dan jika ingin mengembangkan fitur mengurutkan data secara otomatis bisa mengaktifkan versi premium. [Download Simple Spreadsheet]