7 Aplikasi Untuk Edit Foto Vektor 

Mengedit foto adalah salah satu hal yang biasa dilakukan sebelum mengunggahnya ke sosial media. Bukan hanya mengubah tingkat kecerahan foto tersebut, sekarang banyak orang yang mengedit foto menjadi format lainnya seperti vektor. 

Mengubah foto menjadi vektor pun lebih mudah karena bisa dilakukan di smartphone alias melalui aplikasi untuk edit foto vektor. Nah berikut adalah rekomendasi aplikasi untuk edit foto vektor terbaik yang bisa Anda coba: 

Draw Pixel Art Pro

Draw Pixel Art Pro adalah salah satu aplikasi untuk edit foto vektor yang penggunanya sudah mencapai jutaan orang karena berbagai fitur canggih yang ditawarkan. Misalnya saja Anda bisa memilih format dari vektornya, baik berupa PNG, JPG, BMP, bahkan GIF lho!

Selain itu, Anda bisa menggunakan pallete yang menyediakan berbagai warna sehingga vektor yang dihasilkan pun lebih terlihat hidup daripada vektor yang dihasilkan oleh aplikasi lainnya. Proses pengeditan pun akan tersimpan secara otomatis sehingga Anda tidak perlu khawatir harus mengulang editing dari awal apabila ada kesalahan ketika mengeditnya. 

Bukan hanya itu, Anda juga bisa menggunakan fitur Undo sebanyak 50 kali apabila hasil vektor memang belum sesuai dengan apa yang diinginkan. Anda perlu membayar sekitar Rp.50 ribu untuk mengakses semua fitur  Draw Pixel Art Pro.

Aplikasi ini bisa Anda unduh kapan saja secara gratis hanya di sini.

Artflow: Paint Draw Sketchbook

Artflow siap membantu Anda untuk mengedit foto menjadi vektor dengan ratusan tool yang bisa digunakan sesuai kebutuhan, misalnya saja ada 80 kuas, penghapus, dan masih banyak lagi. Selain itu, Artflow juga menyediakan lebih dari 10 filter dan bisa Anda atur lagi tingkat kecerahan serta saturasinya sehingga hasil foto nanti benar-benar seperti yang diinginkan.

Artflow sudah dilengkapi dengan fitur Palm Rejection yang berfungsi untuk mengunci gambar sehingga tidak ada kesalahan lagi dalam mengedit foto ataupun repot zoom pada bagian foto yang diinginkan. Menariknya lagi, Anda bisa memilih sendiri format dari hasil editan foto tersebut baik berupa PNG, JPG, ataupun PSD.

Semua fitur yang ditawarkan Artflow bisa Anda akses secara gratis, lho! Anda bisa mengunduh Artflow kapan saja secara gratis hanya di sini.

Adobe Illustrator Draw

Adobe tentunya tidak mau ketinggalan mengenalkan aplikasi untuk edit foto vektor terbaiknya yang mudah dipahami oleh pengguna baru ataupun para fotografer berpengalaman. Banyak fitur canggih yang ditawarkan Adobe Illustrator Draw, misalnya saja ada fitur zoom 64x yang memudahkan Anda untuk mengedit bagian foto yang diinginkan.

Selain itu, Adobe juga menawarkan beragam jenis Pen dengan ukuran serta warna yang berbeda-beda pula. Menariknya lagi, Anda bisa mengedit beberapa foto dan layer sekaligus sehingga lebih menghemat waktu dalam pengerjaannya. Ada pula fitur Capture, di mana Anda bisa menyisipkan berbagai objek baru yang siap membuat vektor lebih terlihat menarik. 

Bukan hanya menawarkan semua fiturnya secara gratis, Anda juga bisa mendapatkan feedback langsung dari tim Adobe Illustrator Draw sehingga skil editing pun akan mengalami peningkatan. Anda bisa mengunduh Adobe Illustrator Draw kapan saja secara gratis hanya di sini.

Iconic: Icon Maker, Custom Logo Graphic Design App

Sama seperti namanya, Iconic adalah aplikasi yang menyediakan ratusan ikon gratis yang bisa Anda gunakan kapan saja ketika mengedit foto menjadi vektor. Banyak keunggulan yang ditawarkan oleh Iconic, salah satunya adalah tidak ada iklan sama sekali serta bisa diakses kapan saja baik secara online maupun offline. 

Selain ratusan ikon, Iconic juga menawarkan berbagai jenis font yang siap membuat vektor Anda semakin menarik. Jangan lupa untuk menggunakan fitur Multiple Exports yang siap memudahkan Anda untuk menggunakan banyak ikon dalam sekali waktu tanpa dikenai biaya apapun. 

Adanya fitur Search pun memudahkan Anda untuk mencari ikon yang diinginkan hanya dalam hitungan detik. Bahkan ikon yang pernah digunakan akan tersimpan secara otomatis di fitur Templates sehingga bisa Anda gunakan sewaktu-waktu.

Menariknya lagi, semua fitur yang ditawarkan Iconic bisa diakses kapan saja secara gratis, lho! Anda bisa mengunduh Iconic kapan saja secara gratis hanya di sini.

Textoon – 3D Text on Photo Text Over Photo

Mau menonjolkan atau menambahkan teks pada foto kesayangan? Tenang saja, Anda bisa menggunakan Textoon yang menyediakan berbagai fitur canggih yang bisa digunakan secara gratis kapan saja, kok. Anda pun bisa menentukan sendiri jenis font apa yang diinginkan, baik font yang melengkung, lingkaran, persegi panjang, dan masih banyak lagi.

Selain bentuk font yang beragam, Anda juga bisa menggunakan fitur Stunning Text Picture Effects untuk menambahkan efek bayangan pada font yang ditunjuk. Tentunya Anda juga bisa mengubah warna font menjadi yang diinginkan sehingga warnanya dengan foto menjadi lebih kontras. 

Menariknya lagi, Textoon juga menyediakan ratusan sticker serta emoji yang akan membuat vektor Anda terlihat semakin menggemaskan. Bukan hanya mengubah warna font, Anda juga bisa mengubah warna background foto hanya dalam hitungan detik lho!

Vektor yang sudah jadi pun bisa Anda unggah kapan saja ke sosial media hanya dalam 1 menit, lho. Anda bisa mengunduh Textoon kapan saja secara gratis hanya di sini.

Inker

Belum puas dengan aplikasi untuk edit foto vektor yang disebutkan barusan? Tenang saja, masih ada Inker yang juga menyediakan puluhan fitur yang memudahkan Anda untuk membuat vektor kok! Bukan hanya foto, Inker siap membantu Anda untuk mengubah berbagai objek menjadi vektor, baik comic, logo, dan masih banyak lagi. 

Salah satu keunggulan Inker adalah banyaknya bentuk yang bisa digunakan sehingga vektor terlihat lebih menarik. Vektor pun akan tersimpan dalam format PNG dengan resolusi yang tinggi sehingga foto tidak akan pecah ketika diunggah ke sosial media. 

Kabar baiknya, semua fitur Inker bisa diakses secara gratis tanpa syarat apapun, lho! Anda bisa mengunduh Inker kapan saja secara gratis hanya di sini.  

Skedio: Easy Vector Drawing

Satu lagi aplikasi untuk edit foto vektor yang tidak boleh terlewatkan adalah Skedio. Kualitas aplikasi ini pun sudah tidak perlu diragukan lagi mengingat Skedio pernah memenangkan penghargaan sebagai Samsung Smart App Challenge pada tahun 2013 kemarin. 

Skedio menawarkan beberapa tema vektor yang bisa Anda sesuaikan dengan foto sehingga hasilnya bisa terlihat lebih kontras. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan berbagai tools baik menambahkan beberapa objek ataupun teks sesuai keinginan. Anda pun bisa menghapus kesalahan ataupun objek tertentu dengan fitur Eraser. 

Selain menggunakan fitur gratis dari Skedio, Anda juga bisa mengupgrade Skedio menjadi premium untuk menikmati fitur canggih lainnya! Misalnya saja vektor tanpa watermark sama sekali, background yang transparan, dan masih banyak tool lainnya yang sayang dilewatkan. 

Anda bisa mengunduh Skedio kapan saja secara gratis hanya di sini.

Pastinya sudah tidak bingung lagi kan mengedit foto menjadi vektor setelah penjelasan barusan? Semoga informasi barusan bermanfaat untuk Anda ya!