10 Aplikasi Android TV Terbaik

Sumber: Geralt @Pixabay

Televisi (TV) merupakan media hiburan yang disukai oleh hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Sayangnya, TV tidak memungkinkan untuk dibawa kemana-mana serta membutuhkan aliran listrik.

Saat ini, teknologi informasi telah berkembang pesat sehingga dapat meminimalisir halangan dalam menonton TV. Salah satunya adalah Android TV dengan cara mengunduh aplikasi Android secara gratis. Selain streaming TV, kebanyakan Android TV juga memiliki fitur bawaan seperti game dan musik.

Seperti apa berbagai fitur menarik dalam aplikasi Android TV? Simak penjelasan terkait 10 aplikasi Android TV terbaik di bawah ini.

MX Player

MX Player (Sumber: Google Play Store)

MX Player merupakan aplikasi pemutar video keluaran MX Media & Entertainment. Aplikasi yang telah diunduh sebanyak lebih dari 500 juta kali ini merupakan pionir yang menerapkan multi-core decoding. Hal ini diklaim memiliki performa 70% lebih baik daripada single-core.

Di dalam MX Player terdapat beragam fitur menarik seperti variasi perbesaran atau zoom dengan cara fleksibel, belasan format subtitle, serta model tampilan atau gestur subtitle. Selain itu, MX Player memiliki mode kunci khusus anak-anak supaya lebih nyaman selama menonton karena layar tidak mudah berpindah.

[Download MX Player disini]

 

TVZion New Movies & TV Series

TVZion (Sumber: Google Play Store)

Dari namanya, aplikasi TVZion tidak hanya menyediakan tayangan serial TV saja melainkan juga film. Rekomendasi tayangan di dalam aplikasi pun berskala global sehingga tidak terbatas pada wilayah tertentu. Hingga saat ini, aplikasi memiliki banyak genre film, mulai dari film terbaru, petualangan, kartun, sejarah, komedi, hollywood, bollywood, fantasi, dan masih banyak lagi.

Kelebihan TVZion daripada aplikasi lain adalah fitur rekomendasi film sesuai karakteristik pencarian, film terbaru, serta film yang akan rilis dalam waktu dekat. Untuk serial TV, aplikasi ini dapat mengelompokkan tayangan berdasarkan popularitas, rating, apakah sedang dalam masa tayang, serta apakah sedang tayang hari ini.

[Download TVZion disini]

 

Plex: Stream Movies, Shows, Music, and other Media

Plex (Sumber: Google Play Store)

Jika ingin memanfaatkan aplikasi Android TV dengan fitur lengkap, Plex tergolong sangat tepat untuk dipilih. Tidak hanya menawarkan streaming untuk program TV dan film, aplikasi juga dapat menayangkan koleksi video, foto, musik, podcast, berita terbaru, hingga tayangan web.

Untuk memanjakan pengguna, aplikasi dapat menyimpan riwayat aktivitas sebelumnya. Hal ini berfungsi sebagai manajemen media supaya memungkinkan pengguna untuk meninjau tayangan terakhir maupun file yang baru ditambah. Bahkan terdapat fitur unik selama menunjang pemutaran media, seperti skip atau melewati 30 detik, rekam tayangan TV, variasi kecepatan tayangan, dan lain sebagainya.

[Download Plex disini]

 

VLC for Android

VLC (Sumber: Google Play Store)

VLC merupakan aplikasi open source untuk pemutar audio dan video yang dapat berjalan pada lintas platform. Aplikasi tak berbayar ini memiliki basis data terlengkap, equalizer untuk mengubah untuk meningkatkan kualitas suara, dan filter untuk menyesuaikan frekuensi suara. Hal ini memungkinkan VLC untuk memutar audio dengan format aneh sekalipun.

VLC for Android memiliki fitur pemutaran untuk lebih dari 1 audio yang ditunjang dengan terjemahan, auto-rotation, penyesuaian aspect-ratio, dan pengaturan kecerahan dan volume secara mudah. Aplikasi pun terhubung pada widget untuk kontrol audio dan headset.

[Download VLC for Android disini]

 

Netflix

Netflix (Sumber: Google Play Store)

Saat pandemi berlangsung, siapa yang tidak kenal dengan aplikasi hiburan yang satu ini?

Ya, Netflix merupakan aplikasi untuk menonton TV dan film yang telah diunduh sebanyak lebih dari 500 juta kali. Aplikasi ini terkenal dengan tayangan yang berkualitas, populer, dan sesuai dengan selera masyarakat. Netflix tak jarang pula memproduksi tayangan sendiri namun hasilnya tetap diminati banyak orang.

Uniknya, Netflix memiliki program membership yang lebih menguntungkan jika dilakukan berkelompok. Aplikasi juga memfasilitasi tayangan mode anak serta penyimpanan video secara offline. Selain itu, ukuran aplikasi tergolong rendah yaitu sebesar 16MB dimana semakin menjadi aplikasi pilihan banyak orang.

[Download Netflix disini]

 

iflix – Movies & TV Series

Iflix (Sumber: Google Play Store)

Iflix merupakan salah satu aplikasi layanan TV dan film populer yang berfokus menggaet pasar di kawasan Asia. Tidak hanya memungkinkan pengguna untuk menikmati streaming online, iflik juga menyediakan fitur Download untuk pengguna supaya bisa menonton tayangan apapun secara offline. Meskipun streaming online, pengguna tetap akan nyaman selama menonton karena bebas iklan.

Iflix memiliki beragam keunggulan, misalnya menu atau section anak-anak yaitu iflix kids sebagai sarana hiburan maupun edukasi. Dengan puluhan ribu jam tayang dari seluruh penjuru dunia, iflix pun banyak digemari khususnya jika ingin menonton pada 5 perangkat yang berbeda mulai dari smartphone, laptop, tablet, dan TV.

[Download iflix disini]

 

YouTube

YouTube (Sumber: Dok. pribadi)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa YouTube merupakan platform pemutar video terpopuler di dunia. Dengan YouTube, pengguna dapat menikmati video langsung dari TV. Menariknya, Anda dapat menggunakan smartphone sebagai remot untuk melakukan pencarian, mengatur suara, hingga memilih tombol.

Lewat YouTube, pengguna bebas melakukan streaming untuk layanan TV yang terdaftar maupun menonton rekaman tayangan masa lalu yang disimpan. YouTube pun memiliki milyaran pengguna dimana berhak memberi komentar sehingga dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk menonton suatu tayangan.

[Download YouTube disini]

 

Kodi

Kodi (Sumber: Google Play Store)

Kodi merupakan platform entertainment yang memuat streaming maupun non-streaming untuk musik, TV, gambar, video, radio, hingga perkiraan cuaca. Untuk layanan streaming, aplikasi yang dahulu bernama Xbox Media Player ini telah memiliki ribuan Add-on pihak ketiga yang ternama, misalnya YouTube, Tweakers, Dumpert, dan masih banyak lagi.

Saat pertama kali mengunjungi aplikasi, pengguna akan disuguhkan tampilan elegan namun mudah dipahami. Meskipun ukuran aplikasi tidak kecil yaitu mencapai 60MB, aplikasi Kodi tergolong menjanjikan dengan akses tayangan dari seluruh penjuru dunia secara gratis. Jika ada tayangan yang dibatasi berdasarkan wilayah, pengguna pun cukup mengaktifkan VPN untuk menikmati tayangan yang diinginkan.

[Download Kodi disini]

 

Steam Link

Steam Link (Sumber: Google Play Store)

Jika Anda mencari aplikasi Android TV khusus untuk bermain gim, Steam Link sangat tepat untuk dicoba. Steam sendiri merupakan distributor gim terpercaya dan populer di antara para gamers maupun developer gim. Aplikasi Steam Link akan menampilkan Steam Library milik pengguna Steam Client yang terdaftar supaya bisa melakukan streaming gim dari smartphone.

Steam Link menawarkan kemudahan cara penyetelan gim yaitu hanya dengan koneksi controller berupa bluetooth atau steam. Sebelum bermain, aplikasi akan menunjukkan kebutuhan pengguna yang harus dipenuhi, misalnya controller, jaringan, dan kondisi stream. Selama bermain, pengguna tetap dapat menikmati grafis ciamik sesuai versi asli di desktop.

[Download Steam Link disini]

 

Haystack TV: Local & World News

Haystack TV (Sumber: Google Play Store)

Terkenal dengan kualitas konten yang berbobot seperti berita aktual dengan tampilan elegan, Haystack TV kian semakin disukai oleh banyak orang. Aplikasi ini membawakan ratusan saluran TV lokal maupun global secara gratis beserta puluhan kategori atau topik tayangan.

Menariknya, setiap tayangan memiliki tombol Like dan Dislike dari penonton sebagai gambaran popularitas. Aplikasi juga menyediakan fitur Share untuk membagikan berita melalui platform lain. Selain berita, Haysatck TV turut membagikan informasi terkait perkiraan cuaca melalui visualisasi yang menarik.

[Download Haystack TV disini]

 

Tanpa diragukan lagi, kesepuluh aplikasi Android TV di atas akan merealisasikan aktivitas yang pada awalnya dinikmati dari TV menjadi Android. Selamat memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan hiburan, ya.