8 Aplikasi Anak 3 Tahun Terbaik yang Mendorong Tumbuh Kembangnya

Perkembangan teknologi bukan hanya dirasakan oleh orang dewasa, namun juga anak kecil. Saat ini sudah banyak aplikasi yang didesain untuk anak yang bisa menemaninya bermain sekaligus belajar.

Tentunya memilih aplikasi untuk anak pun harus sesuai dengan usianya sehingga konten yang didapatkan memang tepat dan bisa memicu perkembangan otaknya. Nah berikut adalah rekomendasi aplikasi anak 3 tahun yang bisa digunakan oleh anak:

PBS Kids Game

Pengguna PBS Kids Game sudah mencapai angka jutaan karena ratusan game gratis yang bisa diakses kapan saja baik secara online maupun offline. Tentunya game yang tersedia cocok untuk anak berusia 3 tahun, baik game bertema alam, matematika, mewarna, menggambar, dan masih banyak lagi. 

Selain game edukasi, PBS juga menyediakan berbagai serial TV yang juga cocok untuk anak berusia 3 tahun. Berbagai seri ini bisa diunduh sehingga anak bisa menontonnya kapan saja di waktu luangnya. Anda pun tidak perlu mencemaskan konten dari PBS Kids Game mengingat aplikasi ini sudah memenangkan Kidscreen Award pada tahun 2017 serta Parent’s Choice Recommended Mobile App pada tahun yang sama.

Anda bisa mengunduh PBS Kids Game kapan saja secara gratis hanya di sini.

Khan Academy Kids: Free Educational Games & Books

Mengajak anak untuk menggunakan Khan Academy Kids merupakan keputusan yang tepat mengingat aplikasi ini menyediakan ribuan game edukatif yang didesain khusus untuk anak preschool serta TK. Perkembangan motorik serta logika anak akan cepat mengalami perkembangan dengan memainkan berbagai game ataupun kegiatan yang tersedia.

Meskipun hadir dalam bahasa Inggris, instruksi gamenya mudah dipahami sehingga anak tidak akan bosan belajar bahasa Inggris sekaligus bermain. Masih banyak aktivitas edukasi lainnya yang membuat anak lebih cepat memahami matematika, bahasa, bahkan emosinya sendiri. 

Anak pun tidak akan terganggu dengan iklan mengingat aplikasi ini sudah ads-free. Menariknya lagi, Anda bisa mengakses semua fitur aplikasi secara gratis, lho!

Anda bisa mengunduh Khan Academy Kids kapan saja secara gratis hanya di sini.

ABC Mouse

Kesulitan mengajarkan alfabet ke anak? Tenang saja, Anda bisa mengandalkan ABC Mouse yang didesain khusus untuk anak berusia 2 sampai 8 tahun kok! ABC Mouse bukan hanya diandalkan oleh orang tua, namun juga jutaan guru yang ada di seluruh dunia. 

ABCMouse.com menyediakan sekitar 850 pelajaran serta 10,000 kegiatan belajar yang akan memudahkan anak untuk belajar bahasa serta bahasa. Anak pun tidak akan merasa belajar karena materi disampaikan dalam bentuk video, puzzle, lagu, game, animasi, dan masih banyak lagi. 

Selain tersedia dalam bahasa Inggris, Anda juga bisa memilih materi dalam bahasa Spanyol sehingga anak bisa memahami banyak bahasa asing sejak dini. Materi yang diberikan juga mengajarkan anak tentang ilmu alam, ilmu sosial, dan musik. 

Anda bisa mengunduh ABC Mouse kapan saja secara gratis hanya di sini

Epic! : Kids’ Books, Audio Books, Videos & eBooks

Anak masih malas membaca? Jangan khawatir, Anda bisa mengajak anak untuk rajin membaca bersama Epic! Kok. Aplikasi ini memiliki ribuan koleksi buku yang cocok diberikan pada anak berusia 0 sampai 12 tahun. 

Selain buku, Epic! Juga menawarkan ribuan video serta kuis yang membuat kegiatan belajar anak semakin menyenangkan. Bahkan anak tidak merasa dirinya sedang belajar karena tampilan Epic! Yang menggemaskan dan interaktif. 

Menariknya lagi, Epic! Bisa diakses kapan saja secara online maupun offline sehingga anak bisa belajar kapan saja yang dimau. Untuk mengakses semua fitur yang ditawarkan Epic!, Anda perlu membayar sekitar Rp.120 ribu tiap bulannya.

Anda bisa mengunduh Epic! Kapan saja secara gratis hanya di sini.

Baby Games – Piano, Baby Phone, First Words

Dari namanya saja sudah kelihatan jika Baby Games adalah aplikasi yang didesain khusus untuk bayi alias anak berusia 5 tahun ke bawah. Melalui Baby Games, Anda bisa mengajarkan anak beberapa kosakata pertama dengan beragam gambar yang menggemaskan baik berupa binatang ataupun bunga. 

Ada juga Music Room yang siap membantu perkembangan motorik anak dengan mengelai suara tertentu. Beberapa instrumen yang tersedia di Music Room adalah piano, terompet, drum, serta xylophone yang dijamin membuat anak semakin betah mengenali nada serta suara alat musik. 

Masih banyak permainan lainnya yang ditawarkan baby Games, seperti Fireworks di mana anak bisa memencet layar tempat di mana kembang api meluncur yang membantu perkembangan sensor visual sekaligus motorik anak. Ada pula permainan Pop ‘n Play yang meminta anak untuk memencet balon yang akan meletus.

Kabar baiknya, semua permainan yang ada di Baby Games bisa diakses secara gratis, lho! Anda bisa mengunduh Baby Games kapan saja secara gratis hanya di sini

Hungry Caterpillar Play School: Preschool Learning

Banyak orang tua yang mengandalkan aplikasi anak 3 tahun satu ini karena animasinya yang interaktif dan memicu anak untuk terus belajar. Aplikasi ini juga sudah mengantongi sertifikat dari kidSafe sehingga kontennya pun selalu aman dan memicu perkembangan otak anak. 

Melalui aplikasi ini, anak bisa belajar banyak subjek sekaligus seperti matematika, bahasa, allam, dan masih banyak lagi. Kreativitas anak pun akan semakin terpicu karena aplikasi ini menyediakan ratusan kanvas yang bisa menjadi sarana mewarnai anak. Ada pula puzzle yang memicu perkembangan logika anak yang tentunya akan menguntungkan anak di kemudian hari. 

Kabar baiknya, semua fitur aplikasi ditawarkan secara gratis lho! Anda bisa mengunduh Hungry Caterpillar Play School kapan saja secara gratis hanya di sini.

Go Noodle

Berbeda dengan aplikasi anak 3 tahun sebelumnya, Go Noodles adalah aplikasi yang menyediakan ratusan video yang membantu anak untuk belajar tanpa merasa bosan. Tentunya fokus dari Go Noodles adalah mengajarkan anak untuk bernyanyi sekaligus menari yang bermanfaat untuk perkembangan motorik anak. 

Dijamin anak tidak akan bosan ketika bermain Go Noodle karena video baru yang hadir setiap minggu. Video yang tersedia pun beragam, mulai dari menari, olahraga, yoga, mindfluness, dan masih banyak lagi.

Menariknya lagi, semua video yang tersedia di Go Noodle bisa Anda tonton bersama anak kapans aja secara gratis lho! Anda bisa mengunduh Go Noodle kapan saja hanya di sini.

Kids A-Z

Satu lagi aplikasi anak 3 tahun yang tidak boleh dilewatkan adalah Kids A-Z. Aplikasi ini membantu anak untuk memahami ilmu alam dengan berbagai kuis serta video.

Anda juga bisa menggunakan Kids A-Z untuk mendapatkan feedback langsung dari gurunya sehingga tahu betul kelemahan anak dan apa saja yang harus diperbaiki. Meskipun bisa diunduh secara gratis, Anda harus berlangganan Kids A-Z apabila ingin mengakses kontennya secara penuh dan kapan saja.

Anda bisa mengunduh Kids A-Z kapan saja secara gratis hanya di sini.

Pastinya sudah tidak bingung lagi memilih aplikasi yang tepat untuk anak setelah pembahasan barusan kan? Jangan lupa untuk mendampingi anak ketika memainkan aplikasi anak 3 tahun kesayangannya, ya!